PEMASARAN: MEMBANGUN HUBUNGAN PELANGGAN
APA ITU PEMASARAN ?
Pemasasran (marketing) adalah proses perencanaan dan
pelaksanaan konsep, penetapan harga, promosi, serta distribusi barang dan jasa
untuk memfasilitasi pertukaran yang memenuhi objektif individual dan
organisasional.
EVOLUSI BIDANG
PEMASARAN
Evolusi
pemasaran di Amerika Serikat melibatkan empat era: (1) produksi, (2) penjualan,
(3) konsep pemasaran, dan (4) hubungan pelanggan.
Konsep pemasaran (marketing concept) memiliki tiga bagian:
1.
Orientasi
pelanggan. Menemukan apa yang diinginkan konsumen
dan menyediakannya bagi mereka. Itulah yang dilakukan Lance Fried dengan
pemutar MP3 tahan airnya.
2.
Orientasi
jasa. Pastikan semua orang dalam organisasi
mempunyai tujuan yang sama: kepuasan pelanggan. Ini harus menjadi usaha
organisasional yang total dan terintegrasi. Berarti, setiap orang mulai dari
presiden direktur perusahaan sampai orang-orang pengiriman harus
berorientasi pada pelanggan.
3.
Orientasi
laba. Fokus pada barang dan jasa yang akan
menghasilkan laba terbanyak dan memungkinkan organisasi untuk bertahan dan
melakukan perluasan untuk melayani lebih banyak keinginan dan kebutuhan
konsumen.
Manajemen hubungan pelanggan (costumer relationship management-CRM)
adalah proses mempelajari sebanyak mungkin tentang pelanggan dan melakukan
segala hal yang Anda dapat lakukan untuk memuaskan mereka-atau bahkan melebihi
harapan mereka-dengan barang dan jasa.
ORGANISASI
NIRLABA DAN PEMASARAN
Pemasar telah
menggunakan konsep “Mencari kebutuhan dan memenuhinya” selama bertahun-tahun.
Iklan digunakan untuk mengomunikasikan fakta bahwa produk yang diinginkan oleh
konsumen saat ini telah tersedia. Kebutuhan belum terpenuhi apa yang Anda
miliki yang mungkin dapat dipenuhi oleh pemasar ? Mengapa Anda tidak melakukan
bisnis itu ?
Dewan Periklanan
mensponsori banyak iklan sebagai layanan publik. Maksudnya, untuk membuat
publik lebih sadar akan berbagai kebutuhan yang hanya dipenuhi oleh organisasi
nirlaba. Publik kemudian didorong untuk terlibat meskipun hanya dengan
mengirimkan uang. Pernahkah Anda merespons iklan Dewan Periklanan yang dapat
Anda ingat ?
BAURAN PEMASARAN
Sebagian besar
dari yang dilakukan orang-orang pemasaran dengan mudah dibagi menjadi empat
faktor yang disebut dengan empat P untuk memudahkan mereka untuk mengingat dan
mengimplementasikannya. Faktor-faktor itu adalah:
1.
Produk (product)
2.
Harga (price)
3.
Tempat (place)
4.
Promosi (promotion)
Mengelola
bagian-bagian yang dapat dikendalikan dari proses pemasaran, karena itu,
melibatkan (1) merancang produk yang
memuaskan keinginan, (2) menentukan harga
untuk produk tersebut, (3) menempatkan produk tersebut di tempat orang-orang akan membelinya, dan (4) mempromosikan produk tersebut. Keempat faktor ini disebut bauran pemasaran (marketing mix) karena faktor-faktor tersebut dicampur dalam program
pemasaran.
MENERAPKAN
PROSES PEMASARAN
Manajer Pemasaran dan Bauran Pemasaran
Manajer
pemasaran harus memilih cara untuk mengimplementasikan empat P dari bauran
pemasaran: produk, harga, tempat, dan promosi. Tujuannya untuk menyenangkan
pelanggan dan mendapatkan laba.
MERANCANG PRODUK
UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN
Proses Pemasaran dengan Empat P
Ø Menemukan
peluang
Ø Melakukan
penelitian
Ø Mengidentifikasikan
pasar sasaran
Ø Merancang
sebuah produk untuk memenuhi kebutuhan berdasarkan pada penelitian (Produk)
Ø Melakukan
pengujian produk
Ø Menentukan
nama merek, merancang kemasan, dan menentukan harga (Harga)
Ø Memilih
sistem distribusi (Tempat)
Ø Merancang
program promosional (Promosi)
Ø Membangun
hubungan dengan pelanggan
Produk (product) adalah barang fisik, jasa, atau
ide yang memuaskan keinginan atau kebutuhan plus apa pun yang akan meningkatkan
produk di mata konsumen, seperti merek.
Proses pengujian
produk di antara pengguna potensial disebut uji pemasaran (test marketing).
Nama merek (brand name) adalah kata, huruf, atau
kelompok kata atau huruf yang membedakan barang dan jasa satu penjual dengan
barang dan jasa milik pesaing.
Kelly Flatley
belajar di perguruan tinggi dan mengetahui kawan-kawannya “mencintai” adonan granola-nya. Ia menemukan sebuah kebutuhan.
Ia mulai membuat granola di dapur
orang tuanya dan menjualnya ke pasar-pasar lokal dan penjualan di pinggir
jalan. Ia menamainya Bear Naked (diproses secara orisinil dan sama sekali tanpa
ramuan). Produk makan pagi Bear Naked sekarang dapat ditemukan di seluruh
negeri. Granola terbuat dari
padi-padian utuh dan tidak memiliki lemak trans,
kolesterol, gula halus, atau sirup jagung berfruktosa tinggi dan ramah bagi
vegetarian. Terdengar seperti produk yang baik untuk Sangat Vegetarian ?
MENENTUKAN HARGA
YANG SESUAI
MEMBAWA PRODUK
KE TEMPAT YANG TEPAT
MENGEMBANGKAN
STRATEGI PROMOSI YANG EFEKTIF
Promosi (promotion) terdiri atas semua teknik
yang digunakan penjual untuk memberi tahu orang-orang dan memotivasi mereka
untuk membeli produk atau jasa mereka.
MEMBERI PEMASAR
INFORMASI
Penelitian pemasaran (marketing research) adalah analisis
pasar untuk menentukan peluang dan tantangan, dan untuk mencari informasi yang
dibutuhkan untuk membuat keputusan yang baik.
PROSES
PENELITIAN PEMASARAN
Proses
penelitian pemasaran yang disederhanakan terdiri atas setidaknya empat langkah:
1.
Mendefinisikan
pertanyaan (masalah atau peluang) dan menentukan situasi saat ini.
2.
Mengumpulkan data.
3.
Menganalisis data
penelitian.
4.
Memilih solusi terbaik
dan mengimplementasikannya.
Biasanya, metode
yang paling murah adalah untuk mengumpulkan informasi yang telah disusun oleh
orang lain dan diterbitkan dalam jurnal-jurnal dan buku-buku atau telah
tersedia secara online. Data yang
sudah ada seperti ini disebut data
sekunder (secondary data) karena
Anda bukanlah orang pertama yang mengumpulkan mereka.
Untuk
mengumpulkan informasi tambahan yang mendalam, para pemasar harus melakukan
penelitian mereka sendiri. Hasil dari studi baru yang seperti ini disebut data primer (primary data).
Kelompok fokus (focus group) adalah kelompok kecil (8
sampai 14 individu, misalnya) yang bertemu di bawah pengarahan pemimpin diskusi
untuk mengomunikasikan opini mereka tentang organisasi, produknya, atau isu
tertentu lainnya.
Penulis buku
pelajaran menikmati keuntungan menggunakan kelompok fokus. Staf pengajar
perguruan tinggi dan murid datang ke pertemuan dan memberi tahu kita cara untuk
memperbaiki buku. Kita mendengarkan dengan saksama dan membuat prubahan
sebanyak mungkin. Saran-saran tersebut mencakup penambahan esai foto ke dalam
gambar-gambar buku dan menjadikannya buku teks tersebut ramah bagi pengguna (user-friendly). Bagaimana dengan kita
sejauh ini ?
Sumber Pilihan Informasi Primer dan Sekunder
Anda harus
menghabiskan satu atau dua hari di perpustakaan untuk menjadi familier dengan
sumber ini. Anda dapat membaca penelitian primer dalam buku pelajaran
penelitian pemasaran apa pun dari perpustakaan.
LINGKUNGAN
PEMASARAN
Pemindaian lingkungan (environmental scanning) adalah proses
pengidentifikasian faktor-faktor yang dapat memengaruhi keberhasilan pemasaran.
Faktor-faktor itu mencakup pengaruh global, teknologi, sosiokultural,
kompetitif, dan ekonomi.
Lingkungan Pemasaran
GLOBAL
·
Persetujuan dagang
·
Persaingan
·
Tren
·
Peluang
·
Internet
TEKNOLOGI
·
Komputer
·
Telekomunikasi
·
Kode batang
·
Persimpangan data
·
Perubahan Internet
SOSIOKULTURAL
·
Peralihan populasi
·
Nilai-nilai
·
Sikap
·
Tren
KOMPETITIF
·
Kecepatan
·
Layanan
·
Harga
·
Pilihan
EKONOMI
·
GDP
·
Pemasukan yang dapat
dibelanjakan
·
Persaingan
·
Pengangguran
Untuk menarik
kelompok etnis yang berbeda, pemasar harus belajar mendengarkan dengan lebih
baik dan bersikap lebih responsif terhadap kebutuhan etnis yang unik. Keluhan
apa yang pernah Anda dengar dari kawan-kawan Anda yang berasal dari
negara-negara yang berbeda ?
DUA PASAR YANG
BERBEDA: KONSUMEN DAN BISNIS KE BISNIS (B2B)
Pasar konsumen (consumer market) terdiri atas semua
individu atau rumah tangga yang menginginkan barang dan jasa untuk konsumsi
atau penggunaan pribadi dan memiliki sumber daya untuk membelinya. Pasar bisnis ke bisnis (business-to-business [B2B] market) terdiri atas semua individu dan
organisasi yang menginginkan barang dan jasa untuk penggunaan dalam memproduksi
barang dan jasa lain atau untuk penjualan, penyewaan, atau pemasokan barang kepada
orang lain.
PASAR KONSUMEN
Proses pembagian
total pasar menjadi beberapa kelompok yang anggotanya memiliki karakteristik
yang sama disebut segmentasi pasar (market segmentation). Penyeleksian
kelompok (segmen pasar) mana yang dapat dilayani organisasi secara
menguntungkan disebut pemasaran target (target marketing).
Segmentasi Pasar
Tujuan
segmentasi adalah untuk membagi pasar menjadi unit-unit yang lebih kecil.
Apa yang terjadi
ketika Anda melebihi Gap ? Gap, Inc., telah merespons pertanyaan itu dengan
membuka toko konsep yang disebut Forth & Towne. Pasar sasarannya adalah
wanita berusia 35 tahun dan lebih tua. Wanita yang seperti itu menikmati
pendapatan tertinggi di antara pembeli wanita, tetapi memiliki pilihan toko
yang terbatas di mana mereka dapat membeli pakaian. Apakah ada kelompok yang
kebutuhan modenya masih belum terpenuhi ? Bagaimana Anda mendeskripsikan pasar
sasaran itu ?
MENYEGMENTASI
PASAR KONSUMEN
Membagi pasar
menurut daerah geografis (kota, kabupaten, negara bagian, wilayah, dll.)
disebut segmentasi geografis (geographic segmentation).
Segmentasi
menurut usia, pemasukan, dan tingkat pendidikan merupakan cara-cara segmentasi demografis (demographic
segmentation).
Anda mungkin
menginginkan iklan Anda untuk menggambarkan gaya hidup satu kelompok. Untuk
melakukan hal itu, Anda dapat mempelajari gaya hidup, nilai-nilai, sikap, dan
minat kelompok. Strategi segmentasi ini disebut segmentasi psikografis (psychographic
segmentation).
Menentukan
manfaat yang dilebihkan dan menggunakan manfaat itu untuk mempromosikan produk
tersebut disebut segmentasi manfaat
(benefit segmentation).
Memisahkan pasar
menurut penggunaan (volume penggunaan produk) disebut segmentasi volume atau penggunaan (volume, or usage, segmentation).
MENJANGKAU
SEGMEN PASAR YANG LEBIH KECIL
Pemasaran pada ceruk (niche marketing) adalah proses pencarian
segmen pasar yang kecil, tetapi menguntungkan dan merancang atau mencari produk
untuknya.
Pemasaran satu untuk satu (one-to-one marketing) berarti
mengembangkan bauran yang unik akan barang dan jasa untuk setiap pelanggan individual.
BERGERAK MENUJU
PEMASARAN HUBUNGAN
Pemasaran massa (mass marketing) berarti mengembangkan
produk dan promosi untuk menyenangkan banyak orang.
Pemasaran hubungan (relationship marketing) cenderung
menuntun dari produksi massa dan menuju barang dan jasa yang dibuat sesuai
dengan pesanan. Tujuannya untuk memelihara pelanggan individual dengan menawari
mereka produk baru yang benar-benar memenuhi persyaratan mereka.
Berikut ini
beberapa contoh pemasaran hubungan:
·
Maskapai penerbangan,
perusahaan penyewaan mobil, dan hotel memiliki program pengguna yang sering (frequent-user) di mana pelanggan yang
setia bisa mendapatkan layanan khusus dan penghargaan. Sebagai contoh, seorang
pelancong dapat memperoleh bonus mil untuk penerbangan gratis di sebuah
maskapai penerbangan. Ia juga bisa mendapatkan keuntungan di agensi penyewaan
mobil (yang mencakup tidak adanya pemberhentian di meja penyewaan-hanya
mengambil mobil dan kemudian pergi) dan layanan khusus di hotel, termasuk
prosedur check-in dan check-out yang lebih cepat, bunga di
ruangan, makan pagi gratis, dan ruang olahraga gratis.
·
Hard Rock Cafe
menggunakan peranti lunak manajemen hubungan pelanggan untuk meluncurkan
program kesetiaan, menyesuaikan kampanye pemasarannya, dan memberikan pusat
kontak dengan lebih banyak informasi pelanggan. Hasilnya adalah waktu respons
untuk pertanyaan pelanggan berkurang dari satu minggu menjadi 24 jam. Dapatkah
Anda membayangkan mempunyai program kesetiaan di Sangat Vegetarian ?
Keistimewaan apakah yang Anda tawarkan ?
PROSES
PENGAMBILAN KEPUTUSAN KONSUMEN
Faktor-faktor
yang penting dalam proses pengambilan keputusan konsumen yang definisi
teknisnya dapat jadi tidak familier bagi Anda meliputi hal-hal berikut:
·
Pembelajaran
melibatkan perubahan dalam perilaku individu yang
berasal dari pengalaman dan informasi yang sebelumnya. Sebagai contoh, apabila
Anda mencoba merek sampo tertentu dan Anda tidak menyukainya, Anda tidak akan
pernah membelinya lagi.
·
Kelompok
referensi adalah kelompok yang digunakan oleh
satu individu sebagai titik referensi dalam pembentukan keyakinan, sikap,
nilai, atau perilakunya. Sebagai contoh, seorang mahasiswa perguruan tinggi yang
membawa koper dan bukannya tas ransel mungkin melihat pelaku bisnis sebagai
kelompok referensinya.
·
Kultur
adalah sekumpulan nilai, sikap, dan cara melakukan
hal-hal yang disebarkan dari satu generasi ke generasi lain dalam masyarakat
tertentu. Kultur Amerika, misalnya, menekankan pendidikan, kebebasan, dan
diversitas.
·
Subkultur
adalah kumpulan nilai, sikap, dan cara melakukan
hal-hal yang berasal dari rasa menjadi anggota dari kelompok etnis, kelompok
religius, kelompok rasial, atau kelompok lain yang memiliki identitas terdekat
dengan orang tersebut (misalnya, remaja). Subkultur adalah satu bagian kecil
dari kultur yang lebih besar. Subkultur Anda dapat berupa menyukai musik
hip-hop dan rap, sementara subkultur orangtua Anda mungkin menyukai jazz
ringan.
·
Ketidakcocokan
kognitif adalah sejenis konflik psikologis yang
dapat muncul setelah pembelian. Konsumen yang melakukan pembelian besar seperti
mobil dapat merasa ragu apakah mereka mendapatkan produk terbaik dengan harga
terbaik. Oleh karena itu, para pemasar harus memastikan kembali konsumen yang
seperti itu setelah penjualan bahwa mereka mengambil keputusan yang baik. Diler
mobil, misalnya, dapat mengirimkan artikel pers yang positif tentang mobil
tertentu yang dibeli konsumen. Diler juga dapat menawarkan jaminan produk dan
memberikan layanan gratis tertentu pada pelanggan.
Proses Pengambilan Keputusan Konsumen dan Pengaruh
Luar
Ada banyak
pengaruh pada konsumen ketika mereka memutuskan barang dan jasa yang akan
dibeli. Pemasar memiliki sedikit pengaruh, tetapi biasanya tidak sekuat
pengaruh sosiokultural. Membantu konsumen dalam pencarian informasi mereka dan
evaluasi alternatif mereka merupakan fungsi utama pemasaran.
Proses
pengambilan keputusan
1.
Pengenalan masalah
2.
Pencarian informasi
3.
Evaluasi alternatif
4.
Keputusan
pembelian/atau tidak ada pembelian
5.
Evaluasi pascapembelian
(ketidakcocokan kognitif)
Pengaruh
bauran pemasaran
·
Produk
·
Harga
·
Tempat
·
Promosi
Pengaruh
sosiokultural
·
Kelompok referensi
·
Keluarga
·
Kelas sosial
·
Kultur
·
Subkultur
Pengaruh
psikologis
·
Persepsi
·
Sikap
·
Pembelajaran
·
Motivasi
Pengaruh
situasional
·
Tipe pembelian
·
Keadaan sosial
·
Keadaan fisik
·
Pengalaman yang
sebelumnya
PASAR BISNIS KE BISNIS
Beberapa faktor
menjadikan pemasaran B2B berbeda; beberapa faktor yang lebih penting adalah
sebagai berikut:
1.
Jumlah pelanggan dalam
pasar B2B relatif sedikit; yang berarti, hanya ada sedikit perusahaan kontruksi
atau operasi penambangan bila dibandingkan dengan kurang lebih 70 juta rumah
tangga di pasar konsumen AS.
2.
Ukuran pelanggan bisnis
relatif besar; berarti, hanya ada sedikit organisasi besar yang bertanggung
jawab atas sebagian besar pekerjaan dan produksi berbagai barang dan jasa.
Meskipun demikian, ada banyak perusahaan berukuran kecil sampai menengah di
Amerika Serikat yang secara bersama-sama membentuk pasar yang menarik.
3.
Pasar B2B cenderung
terkonsentrasi secara geografis. Sebagai contoh, ladang minyak cenderung
terkonsentrasi di Barat Daya dan di Alaska. Maka dari itu, usaha pemasaran
dapat terkonsentrasi di daerah geografis tertentu dan masalah distribusi dapat
diminimalisasi dengan menempatkan gudang di dekat pusat industri.
4.
Pembeli bisnis pada
umumnya dianggap lebih rasional (yang bertentangan dengan emosional) daripada
konsumen akhir dalam seleksi barang dan jasa mereka; mereka menggunakan
spesifikasi dan acap kali dengan lebih saksama menimbang penawaran total
produk, termasuk kualitas, harga, dan pelayanan.
5.
Penjualan B2B cenderung
bersifat langsung, tetapi tidak selalu.
Para pemanufaktur menjual produk, seperti ban, secara langsung kepada pemanufaktur
mobil, tetapi cenderung mengggunakan perantara, seperti tengkulak dan peritel
untuk melakukan penjualan ke konsumen akhir.
6.
Ada jauh lebih banyak
penekanan pada penjualan pribadi di pasar B2B daripada di pasar konsumen.
Sementara promosi konsumen lebih didasarkan pada iklan, penjualan B2B
didasarkan pada penjualan. Hal itu disebabkan ada lebih sedikit pelanggan yang
meminta lebih banyak layanan pribadi.
PROSPEK ANDA DALAM PEMASARAN
Membandingkan Perilaku Membeli Konsumen dan Bisnis
ke Bisnis
PASAR BISNIS KE BISNIS
Struktur Pasar
Ø Pelanggan
potensial yang relatif sedikit
Ø Pembelian
yang lebih besar
Ø Terkonsentrasi
secara geografis
Produk
Ø Membutuhkan
produk yang teknis dan kompleks
Ø Acap
kali membutuhkan penyesuaian
Ø Acap
kali membutuhkan nasihat teknis, pengiriman, dan pelayanan setelah penjualan
Prosedur Membeli
Ø Pembeli
dilatih
Ø Menegosiasikan
detail-detail sebagian besar pembelian
Ø Mengikuti
standar objektif
Ø Proses
format yang melibatkan karyawan tertentu
Ø Hubungan
yang lebih dekat antara pemasar dan pembeli
Ø Sering
membeli dari banyak sumber
PASAR KONSUMEN
Struktur Pasar
Ø Banyak
pelanggan potensial
Ø Pembelian
yang lebih kecil
Ø Terpecah
secara geografis
Produk
Ø Membutuhkan
produk yang tidak begitu teknis
Ø Terkadang
membutuhkan penyesuaian
Ø Terkadang
membutuhkan nasihat teknis, pengiriman, dan pelayanan setelah penjualan
Prosedur Membeli
Ø Tidak
ada pelatihan khusus
Ø Menerima
syarat standar untuk sebagian besar pembelian
Ø Menggunakan
penilaian pribadi
Ø Proses
informal yang melibatkan anggota rumah tangga
Ø Hubungan
impersonal antara pemasar dan konsumen
Ø Jarang
membeli dari banyak sumber
Tidak ada komentar:
Posting Komentar