MENGGUNAKAN TEKNIK-TEKNIK PROMOSI YANG EFEKTIF
PROMOSI DAN BAURAN PROMOSI
Promosi (promotion) adalah usaha-usaha para
pemasar untuk memberi informasi dan mengingatkan orang-orang dalam pasar
sasaran mengenai produk-produk, dan membujuk mereka untuk ikut serta dalam
pertukaran. Kombinasi dari alat-alat promosi yang digunakan satu organisasi disebut bauran
promosi (promotion mix).
Komunikasi pemasaran terpadu (integrated marketing communication-IMC)
mengombinasikan semua alat promosi menjadi satu strategi promosi yang
menyeluruh dan terpadu.
Bauran Promosi Tradisional
Ø Produk
Ø Iklan
Ø Promosi
penjualan
Ø Penjualan
pribadi
Ø Hubungan
masyarakat
Langkah-langkah dalam sebuah Kampanye Promosi
1.
Mengidentifikasi pasar
sasaran.
2.
Menentukan
tujuan-tujuan untuk setiap unsur dari bauran promosi. Tujuan-tujuan ini harus
jelas dan terukur.
3.
Menentukan suatu
anggaran promosi. Proses pembuatan anggaran akan menjelaskan berapa yang dapat
dibelanjakan untuk iklan, penjualan pribadi, dan usaha-usaha promosi lainnya.
4.
Mengembangkan satu
pesan terpadu. Tujuan dari program promosi terpadu adalah untuk memiliki satu
pesan yang jelas yang dikomunikasikan melalui iklan, hubungan masyarakat,
penjualan, dan usaha-usaha promosi lainnya.
5.
Mengimplementasikan
rencana. Iklan harus dijadwalkan untuk melengkapi usaha-usaha yang sedang
dilakukan hubungan masyarakat dan promosi penjualan. Para tenaga penjualan
harus memiliki akses terhadap semua bahan untuk mengoptimalkan usaha total.
6.
Evaluasi efektivitas.
Pengukuran hasil tergantung pada tujuan yang jelas. Setiap unsur dari bauran
promosi harus dievaluasi secara terpisah, dan pengukuran keseluruhan juga harus
dilakukan. Penting untuk mempelajari apa yang berhasil dan apa yang tidak.
IKLAN: PERTEMPURAN UNTUK MENJAGA MINAT KONSUMEN
Iklan (advertising) adalah komunikasi
non-personal dengan bayaran melalui berbagai media oleh organisasi-organisasi
dan individu-individu yang dengan satu cara teridintifikasi
di dalam pesan.
Penempatan produk (product placement) berarti membayar
untuk memasukkan produk-produk dalam acara TV dan film yang produk-produk
tersebut akan dilihat.
Penempatan
produk (product placement) sering
kali sangat halus. Dapat berupa jam tangan yang dikenakan para aktor, atau
sepatu, atau pakaiannya. Dapat juga dalam bentuk minuman yang mereka minum atau
mobil-mobil yang mereka kendarai. Dalam setiap kasus, idenya adalah untuk
memengaruhi Anda agar menginginkan produk-produk tersebut untuk Anda sendiri.
Penempatan produk apa yang telah Anda perhatikan dalam acara-acara televisi
favorit Anda?
Kategori-kategori Utama Iklan
Berbagai jenis
iklan digunakan oleh berbagai organisasi untuk menjangkau sasaran pasar yang
berbeda. Kategori-kategori utamanya, antara lain:
·
Iklan
ritel- iklan kepada konsumen melalui berbagai
toko ritel, seperti pasar swalayan dan toko sepatu.
·
Iklan
perdagangan- iklan kepada perantara grosir dan
peritel oleh produsen untuk membujuk mereka mendistribusikan produk produsen
tersebut.
·
Iklan
bisnis ke bisnis- iklan dari produsen ke produsen
lainnya. Suatu perusahaan yang menjual motor kepada perusahaan mobil akan
menggunakan iklan bisnis ke bisnis.
·
Iklan
institusi- iklan yang dirancang untuk menciptakan
citra yang menarik bagi sebuah organisasi bukan produknya. “Kami Peduli
terhadap Anda” di Giant Food merupakan satu contoh. “Virginia is for Loves” dan
“I Love New York” adalah dua kampanye institusional oleh badan pemerintah.
·
Iklan
produk- iklan untuk satu barang atau jasa
untuk menciptakan minat di antara konsumen, pembeli komersil, dan pembeli
industrial.
·
Iklan
advokasi- iklan yang mendukung satu pandangan
tertentu atas sebuah isu (contohnya iklan yang mendukung pengendalian
kepemilikan senjata atau menentang pembangkit listrik tenaga nuklir).
Iklan-iklan seperti ini dikenal juga dengan sebutan cause advertising.
·
Iklan
komparatif- iklan yang membandingkan produk-produk
yang bersaing. Contohnya, sebuah iklan yang membandingkan dua obat demam yang
berbeda dalam hal kecepatan dan manfaat merupakan iklan komparatif.
·
Iklan
interaktif- komunikasi berorientasi pelanggan yang
memungkinkan pelanggan untuk memilih informasi yang mereka terima, seperti
katalog video interaktif yang memungkinkan pelanggan memilih item-item apa yang
akan ditayangkan.
·
Iklan
online- pesan-pesan iklan yang tampil di
komputer saat orang-orang mengunjungi
berbagai situs.
Kelebihan dan Kekurangan dari Berbagai Media Iklan
Media iklan
paling efektif sering kali sangat mahal. Media yang tidak mahal mungkin tidak
menjangkau pasar Anda. Tujuannya adalah menggunakan medium yang dapat
menjangkau pasar yang Anda inginkan secara paling efektif dan efisien.
Surat
kabar
Kelebihan:
Jangkauan pasar lokal yang bagus; iklan dapat dimuat dengan cepat; penerimaan
tinggi dari konsumen; iklan dapat digunting dan disimpan.
Kekurangan:
Iklan bersaing dengan fitur-fitur lain di surat kabar; warna yang kurang bagus;
iklan dibuang bersama korannya (masa hidup yang pendek).
Telvisi
Kelebihan:
Menggunakan gambar, suara, dan gerakan; menjangkau semua audiens; perhatian
yang tinggi tanpa adanya pesaing dari bahan-bahan lain.
Kekurangan:
Biaya tinggi; waktu paparan singkat; butuh waktu mempersiapkan iklan. Perekam
video digital tidak merekam iklan.
Radio
Kelebihan: Biaya
rendah; dapat menyasar audiens tertentu; sangat fleksibel; bagus untuk
pemasaran lokal.
Kekurangan:
Orang-orang mungkin tidak mendengarkan iklan; tergantung pada indera seseorang
(pendengaran); waktu paparan singkat; audiens tidak dapat meyimpan iklan.
Majalah
Kelebihan: Dapat
mengenai audiens tertentu; warna-warna yang indah; masa hidup iklan lama; iklan
dapat digunting dan disimpan.
Kekurangan:
Tidak fleksibel; iklan sering kali harus ditemptkan berminggu-minggu sebelum
terbit; biaya relatif tinggi.
Luar
ruang
Kelebihan: Visibility tinggi dan paparan berulang;
biaya rendah; fokus pada pasar lokal.
Kekurangan: Pesan
terbatas; seleksi terhadap audiens rendah.
Surat
Kelebihan:
Terbaik untuk menyasar pasar tertentu; sangat fleksibel; iklan dapat disimpan.
Kekurangan:
Biaya tinggi; konsumen mungkin menolak iklan karena dianggap junk mail; harus memenuhi peraturan-peraturan
kantor pos.
Iklan
jenis Yellow Pages
Kelebihan:
Cakupan pasar lokal yang baik; digunakan secara luas oleh konsumen; tersedia di
tempat-tempat pembelian.
Kekurangan:
Persaingan dengan iklan-iklan lain; biaya mungkin terlalu tinggi untuk bisnis
yang kecil.
Internet
Kelebihan:
Cakupan global yang tidak mahal; tersedia setiap waktu; interaktif.
Kekurangan:
Kepemimpinan yang relatif rendah dalam jangka pendek (tetapi tumbuh dengan
cepat).
Iklan CoverGirl
dirancang untuk perempuan Afrika-Amerika. Juga, ada banyak iklan yang ditujukan
untuk pasar Latin. Kelompok-kelompok apa yang mungkin terbukti menjadi kandidat
menarik untuk iklan-iklan dengan sasaran tertentu? Apakah menurut Anda
iklan-iklan seperti itu efektif?
MENINGKATNYA
PENGGUNAAN INFOMERSIAL
Infomersial (infomercial) adalah acara TV siaran
penuh yang diperuntukkan khusus untuk mempromosikan barang atau jasa.
Saat sedang “surfing the channels”
(memindah-mindahkan saluran televisi dengan menggunakan remote control) seseorang sering kali tidak sengaja menonton
infomersial untuk sejenis peralatan masak baru atau produk pembersih atau
peralatan. Sering kali, demonstrasi ini mengagumkan dan membuat Anda menelpon
nomor yang tertera di layar. George Foreman sama suksesnya dalam menjual alat
pemanggang seperti ia sukses di ring
tinju. Pernahkan Anda membeli apa pun setelah melihat infomersial? Apakah Anda
merasa senang dengan pembelian Anda? Beberapa produk, seperti seminar-seminar
pengembangan diri atau video senam, sulit untuk dijual tanpa menunjukkan pada
orang-orang sampel dari isinya dan menggunakan testimonial.
PEMASANG IKLAN
BERPINDAH KE INTERNET
Promosi interaktif (interactive promotion) memungkinkan para
pemasar untuk lebih dari sekadar melakukan monolog,
tetapi para penjual membujuk pembeli untuk membeli sesuatu, menjadil melakukan dialog di mana penjual dan pembeli
bekerja sama untuk menciptakan hubungan pertukaran yang saling menguntungkan.
IKLAN GLOBAL
PENJUALAN PRIBADI: MEMBERIKAN ATENSI PERSONAL
Penjualan pribadi (personal selling) adalah presentasi dan
promosi barang dan jasa secara tatap muka.
LANGKAH-LANGKAH
DALAM PROSES PENJUALAN
1.
Prospek
dan Kualifikasi (Prospect and Qualify)
Prospecting
adalah meneliti pembeli-pembeli
potensial dan memilih siapa saja yang paling mungkin membeli. Proses pemilihan
ini disebut menentukan kualifikasi (qualifying). Untuk menentukan
kualifikasi seseorang berarti memastikan bahwa mereka memerlukan produk
tersebut, punya kewenangan untuk membeli, dan kesediaan untuk mendengarkan
pesan penjualan. Seseorang yang memenuhi kriteria-kriteria ini disebut prospek.
2.
Pra-Pendekatan
3.
Pendekatan
4.
Menjawab
Keberatan
5.
Menutup
Penjualan
Sebuah
penutup percobaan (trial close) terdiri atas sebuah
pertanyaan atau pernyataan yang menggerakkan proses penjualan menuju ke penutupan yang sebenarnya.
6.
Tindak
lanjut (Follow Up)
PROSES PENJUALAN
BISNIS KE PELANGGAN
Langkah-langkah dalam Proses Penjualan Bisnis ke
Pelanggan
·
Pendekatan
·
Mengajukan pertanyaan
·
Melakukan presentasi
·
Menutup penjualan
·
Tindak lanjut
HUBUNGAN MASYARAKAT: MEMBANGUN HUBUNGAN
Hubungan masyarakat (humas) (public relations-PR) didefinisikan
sebagai fungsi manajemen yang mengevaluasi sikap masyarakat, mengubah
kebijakan-kebijakan dan prosedur-prosedur untuk merespons permintaan
masyarakat, dan melaksanakan sebuah program yang terrdiri atas tindakan dan
informasi untuk mendapatkan pengertian dan penerimaan masyarakat. Dengan kata
lain, sebuah program hubungan masyarakat yang baik terdiri atas tiga langkah:
1.
Mendengarkan
masyarakat. Hubungan masyarakat diawali dengan
riset pemasaran yang baik (“mengevaluasi sikap masyarakat”).
2.
Mengubah
kebijakan-kebijakan
dan prosedur-prosedur. Bisnis tidak memperoleh pengertian masyarakat dengan
cara membombardir mereka dengan propaganda; bisnis memperoleh pemahaman dengan
membuat program-program dan mempraktikkannya sesuai kepentingan masyarakat.
Cara terbaik untuk mempelajarai keinginan masyarakat adalah dengan sering
mendengarkan orang-orang dalam forum-forum yang berbeda, termasuk Internet.
3.
Menginformasikan
masyarakat bahwa Anda merespons kebutuhan mereka.
Tidaklah cukup untuk sekadar memiliki program yang berkaitan dengan kepentingan
masyarakat. Anda harus memberi tahu masyarakat mengenai program-program
tersebut, sehingga mereka tahu Anda bersikap responsif. Hubungan masyarakat
memiliki lebih banyak kekuatan untuk memengaruhi konsumen karena pesannya
datang dari sebuah sumber (media) yang dianggap lebih layak dipercaya.
PUBLISITAS:
UJUNG TOMBAK HUBUNGAN MASYARAKAT
Publisitas (publicity) adalah informasi apa pun
mengenai seorang individu, produk, atau organisasi yang didistribusikan kepada
masyarakat melalui media dan tidak dibayar atau dikendalikan oleh pihak
penjual.
PROMOSI PENJUALAN: MENDAPATKAN PENAWARAN YANG BAIK
Promosi penjualan (sales promotion) adalah alat promosi
yang menstimulasi pembelian konsumen dan minat diler melalui
aktivitas-aktivitas jangka pendek.
Pameran dagang
manufaktur internasional di Chicago menampilkan 4.000 stan, memberikan pembeli
untuk perusahaan lainnya ribuan produk baru untuk dieksplor dan dibeli.
Dapatkah Anda melihat mengapa pameran dagang di berbagai industri merupakan
satu cara yang efisien dan dibutuhkan untuk tetap berada di depan dalam hal
perkembangan-perkembangan terakhir, pesaing, dan reaksi serta kebutuhan
konsumen?
SAMPLING
Suatu alat promosi
penjualan yang populer adalah sampling, memberi konsumen contoh
kecil dari produk secara gratis.
WORD OF MOUTH
Dalam promosi mulut ke mulut (word-of-mouth promotion), orang-orang
memberi tahu orang-orang lainnya mengenai produk-produk yang mereka beli.
Tim jalanan guerilla marketing pergi ke semua jenis events untuk membagi-bagikan sampel,
mengajak pelanggan berbincang tentang produk, dan menciptakan word of mouth. Anda mungkin telah
menjumpai tim-tim seperti itu yang mencoba membujuk Anda mengajukan aplikasi
kartu kredit dengan cara menawarkan kaus oblong gratis atau sejenisnya.
Kapankah saat Anda paling bisa menerima promosi-promosi seperti ini dan kapan hal itu paling
mengganggu Anda?
·
Viral
marketing
Viral
marketing adalah istilah yang kini digunakan
untuk menjelaskan apa saja, mulai dari membayar orang untuk mengatakan hal-hal
positif di Internet hingga membuat rencana penjualan bertingkat di mana
konsumen memperoleh komisi untuk mengarahkan teman-temannya ke situs Web
tertentu.
·
Blogging
Sebuah
blog, singkatan untuk Web log, adalah sebuah buku harian online yang terlihat seperti halaman
situs, tetapi lebih mudah untuk dibuat dan diperbarui dengan cara mem-posting teks, foto-foto, atau link ke situs-situs lainnya.
·
Podcasting
Podcasting
adalah satu sarana untuk
mendistribusikan program-program audio dan video melalui Internet yang
membebaskan para pengguna berlangganan sejumlah life atau dikenal dengan istilah feeds, dan lalu mendengarkan atau menonton bahan-bahan ini pada
waktu yang mereka pilih.
Kini semakin
tidak mungkin untuk melarikan diri dari pesan-pesan komersial. Anda mungkin
mendapatkan podcast di iPod Anda.
Anda mungkin melihat penempatan produk dalam video games Anda. Pesan-pesan promosi kini ada di mana saja, di
tiang kabel telepon, di papan reklame, di bus-bus dan kereta-kereta, dan di
punggung kursi taman. Apakah ada satu titik di mana- mana pesan-pesan komersial
terlalu mengganggu Anda? Apa yang dapat Anda lakukan mengenai hal-hal ini?
BAGAIMANA TEKNOLOGI
BARU MEMENGARUHI PROMOSI
MENGELOLA BAURAN PROMOSI: MENYATUKAN SEGALANYA
STRATEGI-STRATEGI
PROMOSI
Dalam push
strategy, produsen menggunakan iklan, penjualan personal, promosi
penjualan, dan alat-alat promosi lainnya untuk meyakinkan para perantara grosir
dan peritel agar mau menyimpan persediaan dan menjual barang dagangan.
Dalam pull
strategy, usaha-usaha iklan dan promosi penjualan besar-besaran
ditujukan kepada konsumen, sehingga mereka akan meminta produk dari para
peritel.
h
BalasHapus