Minggu, 09 Desember 2012

Mendistribusikan Produk Dengan Cepat Dan Efisien


MENDISTRIBUSIKAN PRODUK DENGAN CEPAT DAN EFISIEN
MUNCULNYA PERANTARA PEMASARAN
Perantara pemasaran (marketing intermediaries), dulu disebut middlemen, adalah organisasi-organisasi yang membantu memindahkan barang dan jasa dari produsen ke pengguna bisnis dan pengguna akhir. Saluran distribusi (channel of distribution) terdiri atas seluruh perantara pemasaran, seperti agen, calo, perantara grosir, dan perantara ritel, yang bergabung untuk memindahkan dan menyimpan barang di jalur (atau saluran) dari produsen ke konsumen. Agen/calo (agents/broker) adalah perantara pemasaran yang mempertemukan pembeli dan penjual dan membantu dalam merundingkan sebuah transaksi, tetapi tidak mengambil alih kepemilikan barang-yaitu, mereka tidak pernah memiliki barang tersebut. Seorang perantara grosir (wholesaler) adalah perantara pemasaran yang menjual pada organisasi lain, seperti peritel, produsen, dan rumah sakit. Peritel (retailer) adalah organisasi yang menjual kepada konsumen akhir (yaitu, orang-orang seperti Anda dan Saya).
MENGAPA PEMASARAN MEMERLUKAN PERANTARA
Sistem distribusi di Amerika Serikat tampak jelas saat Anda berkendara di jalan layang. Anda melihat ribuan truk dan kereta yang memindahkan barang dari sini ke sana. Tetapi, apa yang tidak tampak adalah banyaknya gudang distribusi yang menyimpan barang sampai barang-barang tersebut dibutuhkan. Pernahkah terpikir oleh Anda manfaat-manfaat adanya makanan, perabot, dan barang-barang lainnya yang dibutuhkan, dekat dengan Anda?
BAGAIMANA PERANTARA MENCIPTAKAN EFISIENSI PERTUKARAN
Saluran-saluran Distribusi Terpilih untuk Barang dan Jasa Konsumsi dan Industri
Saluran untuk barang konsumsi:
Ø  Digunakan oleh para pengrajin dan petani kecil.
Ø  Digunakan untuk mobil, perabot, dan pakaian.
Ø  Untuk barang konsumsi, seperti bahan makanan, obat-obatan, dan kosmetik.
Ø  Bahan makanan seperti hasil pertanian.
Ø  Jasa komunikasi, seperti perumahan, saham dan obligasi, asuransi, dan kelompok teater nirlaba.
Ø  Organisasi-organisasi nirlaba yang ingin mengumpulkan dana. Contohnya museum, layanan publik, dan kebun binatang
Saluran untuk barang industri:
Ø  Produk-produk industri, seperti gelas, ban, dan cat mobil.
Ø  Barang-barang berharga lebih murah seperti alat tulis didistribusikan. Perantara grosir disebut dengan distributor industrial.
Bagaimana Perantara Menciptakan Efisiensi Pertukaran
Seorang perantara grosir ke saluran distribusi mengurangi jumlah kontak dari 25 ke 10. Hal ini meningkatkan efisiensi distribusi.
NILAI VERSUS BIAYA PERANTARA
Berikut adalah tiga hal mendasar mengenai perantara:
1.      Perantara pemasaran dapat dihilangkan, tetapi aktivitas-aktivitasnya tidak dapat; yaitu Anda dapat menghilangkan beberapa perantara grosir dan peritel, tetapi lalu konsumen atau orang lain akan harus melakukan tugas-tugas perantara, termasuk memindahkan dan menyimpan barang, mencari pemasok, dan mengembangkan komunikasi dengan pemasok.
2.      Organisasi-organisasi perantara telah bertahan di masa lalu karena mereka melakukan fungsi-fungsi pemasaran lebih cepat dan lebih murah dibanding yang lainnya. Untuk menjaga posisi mereka dalam persaingan di saluran, para perantara harus mengadopsi teknologi terbaru.
3.      Perantara menambahkan biaya-biaya produk, tetapi biaya-biaya ini biasanya lebih dari dihapuskan oleh nilai-nilai yang mereka ciptakan.
Efek Distribusi pada Uang Makan Anda
Petani hanya mendapat 25 sen dari setiap $1 uang makan Anda. Sebagian besar dari uang Anda didapat perantara untuk membayar biaya-biaya distribusi. Biaya-biaya terbesar adalah tenaga kerja (pengemudi truk, juru tulis), diikuti dengan gudang dan gudang penyimpanan dingin.
ü  Tenaga kerja (juru tulis toko ritel, pengemudi truk) 34 sen
ü  Petani 25 sen
ü  Biaya-biaya bangunan (gudang,toko) 14 sen
ü  Kemasan 7,5 sen
ü  Macam-macam 7,5 sen
ü  Transportasi 4,5 sen
ü  Iklan 4 sen
ü  Laba 3,5 sen
UTILITAS YANG DICIPTAKAN PERANTARA
Utilitas (utility), dalam ilmu ekonomi, adalah kemampuan memuaskan keinginan, atau nilai yang ditambahkan organisasi pada barang atau jasa saat produk dibuat menjadi lebih berguna atau lebih mudah diakses konsumen dibanding sebelumnya.
UTILITAS BENTUK
UTILITAS WAKTU
Perantara, seperti peritel, menambahkan utilitas waktu (time utility) pada produk dengan cara membuat produk-produk tersebut tersedia saat dibutuhkan.
Pikirkan berapa banyak toko menyediakan utilitas waktu dengan cara menyediakan barang dan jasa 24 jam sehari, tujuh hari seminggu. Pernahkah Anda perlu menebus resep obat pada larut malam atau membeli sesuatu dari apotek di menit-menit terakhir? Dapatkah Anda melihat bagaimana utilitas waktu menawarkan nilai tambahan?
UTILITAS TEMPAT
Perantara menambahkan utilitas tempat (place utility) pada produk dengan cara menaruh barang di tempat-tempat orang-orang menginginkannya.
UTILITAS KEPEMILIKAN
Perantara menambahkan utilitas kepemilikan (possession utility) dengan cara melakukan apa pun yang perlu untuk memindahkan kepemilikan dari satu pihak ke pihak yang lain, termasuk memberikan kredit. Aktivitas-aktivitas yang dikaitkan dengan utilitas kepemilikan termasuk pengantaran, pemasangan, jaminan, dan layanan lanjutan.
UTILITAS INFORMASI
Perantara menambahkan utilitas informasi (information utility) dengan cara membuka arus informasi dua arah antarpeserta pemasaran.
UTILITAS LAYANAN
Perantara menambahkan utilitas layanan (service utility) dengan cara menyediakan layanan yang cepat dan ramah selama dan setelah penjualan dan dengan cara mengajarkan pelanggan bagaimana cara terbaik menggunakan produk dengan berlalunya waktu.
PERANTARA GROSIRAN
PEDAGANG GROSIR
Pedagang grosir (merchant wholesalers) adalah perusahaan-perusahaan independen yang mengambil alih kepemilikan atas barang-barang yang mereka distribusikan.
Rack jobbers mengisi rak-rak penuh dengan barang dagangan bagi peritel, memajang produk, dan menjual atas dasar konsinyasi.
Pedagang grosir bayar dan bawa (cash-and-carry wholesalers) terutama melayani peritel-peritel berukuran lebih kecil dengan jenis produk yang lebih terbatas.
Drop shippers meminta pesanan dari para peritel dan perantara grosir lainnya dan lalu mengatur agar barang dagangan diantar langsung dari produsen ke pembeli.
Perantara Grosir Layanan Penuh
Perantara Grosir Layanan Penuh Akan:
1.      Menyediakan tenaga penjualan untuk menjual barang pada peritel dan pembeli-pembeli lainnya.
2.      Mengomunikasikan rencana-rencana dan penawaran iklan produsen.
3.      Menjaga jumlah barang persediaan, sehingga mengurangi jumlah barang persediaan yang harus disimpan pemasok.
4.      Mengatur atau melakukan transportasi.
5.      Menyediakan modal dengan cara membayar tunai atau membayar barang dengan segera.
6.      Memberikan pemasok informasi pasar yang tidak mampu dibeli atau didapatkan sendiri.
7.      Mengambil alih risiko kredit dengan cara memberikan kredit pada pelanggan dan mengambil utang-utang macet.
8.      Menanggung risiko atas produk dengan cara mengambil alih kepemilikan barang.
Perantara Grosir Dapat Melakukan Layanan-Layanan Berikut ini bagi Para Pelanggan:
1.      Membeli barang-barang yang akan diminati konsumen akhir dan menyediakannya bagi konsumen.
2.      Menjaga jumlah barang persediaan, sehingga mengurangi biaya-biaya pelanggan.
3.      Memindahkan barang kepada para pelanggan dengan cepat.
4.      Memberi informasi pasar dan layanan konsultasi bisnis.
5.      Memberi pendanaan melalui pemberian kredit, yang terutama penting bagi peritel kecil.
6.      Memesan barang dengan jenis dan jumlah yang diinginkan pelanggan.
AGEN DAN CALO
PERANTARA RITEL
STRATEGI DISTRIBUSI RITEL
Distribusi intensif (intensive distribution) meletakkan produk di sebanyak mungkin gerai ritel, termasuk mesin penjaja (vending machines).
Distribusi selektif (selective distribution) adalah penggunaan hanya sekelompok peritel yang diistimewakan di satu wilayah.
Distribusi eksklusif (exclusive distribution) adalah penggunaan hanya satu toko ritel di wilayah geografis tertentu.
PERITEL TANPA TOKO
Berbagai Jenis Toko Ritel
·         Department store: Menjual berbagai jenis produk (pakaian, perabot, peralatan rumah tangga) dalam departemen-departemen yang berbeda
·         Toko diskon: Menjual beragam produk pada harga yang biasanya di bawah harga departement stores
·         Pasar swalayan: Terutama menjual makanan bersama dengan produk selain makanan, seperti sabun cuci dan produk-produk kertas.
·         Toko gudang: Menjual makanan dan barang dagangan umum di tempat-tempat yang biasanya lebih besar dibandingkan pasar swalayan dan menawarkan harga diskon; keanggotaan mungkin dipersyaratkan
·         Convenience store: Menjual makanan dan barang-barang lain yang mungkin diperlukan di lokasi-lokasi yang mudah dijangkau; mungkin buka sepanjang malam
·         Pembunuh kategori: Menjual banyak sekali variasi dari satu jenis produk, sehingga mendominasi kategori barang tersebut.
·         Toko outlet: Menjual barang-barang dagangan umum langsung dari produsen pada harga diskon; item-item yang dijual mungkin sudah tidak diproduksi lagi atau ada cacatnya (“seconds”)
·         Toko khusus: Menjual berbagai pilihan barang dalam satu kategori
RITEL ELEKTRONIS
Ritel elektronis (electronic retailing) adalah penjualan barang dan jasa kepada konsumen-konsumen akhir (yaitu Anda dan Saya) lewat internet.
Ada banyak contoh toko-toko konvensional yang menambahkan layanan internet kepada pelanggannya untuk menambahkan kenyamanan. Beberapa orang berbelanja di Internet dan lalu pergi ke toko untuk membeli barangnya. Lainnya berbelanja dan membeli melalui Internet. Apa yang membuat Anda berbelanja dari satu toko dibandingkan melalui Internet? Apa saja yang menjadi kelebihan dan kekurangan dari berbelanja dan membeli barang di Internet?
Harry dan David menggunakan kombinasi toko-toko biasa, katalog, dan sebuah situs Internet untuk menjual keranjang-keranjang hadiah, buah-buah segar, permen, kue pai, dan barang-barang lainnya. Lupa membeli hadiah untuk seseorang? Klik saja harryanddavid.com dan temukan sesuatu yang khusus untuk segera dikirimkan. Keuntungan-keuntungan apa saja yang ditawarkan setiap pilhan (toko, katalog, situs)?
TELEMARKETING
Telemarketing adalah penjualan barang dan jasa melalui telepon.
MESIN PENJAJA, KIOS, DAN KERETA
PENJUALAN LANGSUNG
Penjualan langsung (direct selling) adalah menjual kepada konsumen di rumah atau di tempat kerja mereka.
PENJUALAN BERTINGKAT
PEMASARAN LANGSUNG
Pemasaran langsung (direct marketing) meliputi setiap aktivitas yang secara langsung menghubungkan produsen atau perantara dengan konsumen akhir.
Penjualan langsung merupakan satu cara yang hebat untuk menjangkau konsumen yang sering kali terlalu sibuk untuk berbelanja sendiri. Tenaga penjual memberikan perhatian dan bantuan dengan segera, dan pelanggan menghemat waktu. Pernahkah Anda membeli barang dengan cara ini? Apa yang Anda perhatikan mengenai suasana dari situasi penjualan ini yang berbeda dari pembelian dalam toko?
MEMBANGUN KERJA SAMA DALAM SISTEM SALURAN
SISTEM DISTRIBUSI KORPORAT
Sistem distribusi korporat (corporate distribution system) adalah satu sistem yang seluruh organisasi dalam saluran distribusi dimiliki oleh satu perusahaan.
SISTEM DISTRIBUSI KONTRAK
Sistem distribusi kontrak (contractual distribution system) adalah sebuah sistem yang para anggotanya diikat untuk bekerja sama melalui perjanjian kontrak. Ada tiga bentuk sistem kontraktual:
1.      Sistem waralaba (franchise systems), seperti McDonald’s, KFC, Baskin-Robbins, dan AAMCO. Para terwaralaba (franchise) menyetujui semua peraturan, regulasi, dan prosedur yang ditetapkan oleh pewaralaba (franchisor). Hal ini menghasilkan kualitas yang konsisten dan tingkat layanan yang Anda temukan di berbagai organisasi waralaba.
2.      Rantai bersponsor perantara grosir (wholesaler-sponsored chains), seperti Ace Hardware dan toko makanan IGA. Setiap toko menandatangani perjanjian untuk menggunakan nama yang sama, ikut serta dalam rantai promosi, dan bekerja sama sebagai satus sistem kesatuan toko-toko walaupun setiap toko dimiliki dan dikelola secara independen.
3.      Kerja sama ritel (retail cooperatives) contohnya Associated Grocers. Penataan ini mirip dengan rantai bersponsor perantara grosir kecuali dalam hal sistem ini diawali oleh para peritel. Derajat kerja sama yang ada sama besarnya, dan toko-toko ini tetap independen. Biasanya dalam sistem seperti ini, para peritel setuju untuk  memfokuskan pembelian mereka pada satu perantara grosir, tetapi para peritel yang ikut bekerja sama juga dapat membeli sebuah perusahaan grosir untuk memastikan pelayanan yang lebih baik.
SISTEM DISTRIBUSI YANG DIATUR
Satu sistem di mana para produsen mengelola seluruh fungsi-fungsi pemasaran di tingkat ritel disebut sistem distribusi yang diatur (administered distribution system).
RANTAI PERSEDIAAN
Rantai persediaan (supply chain) terkadang disebut juga dengan rantai nilai (value chain), terdiri atas urutan aktivitas-aktivitas yang saling berkaitan yang harus dilakukan oleh berbagai organisasi untuk memindahkan barang dan jasa dari sumber bahan mentah sampai ke konsumen akhir. Manajemen rantai persediaan (supply-chain management) adalah proses mengelola pergerakan dari bahan mentah, komponen, barang setengah jadi, barang jadi, dan informasi terkait melalui seluruh organisasi yang terlibat dalam rantai persediaan; mengelola pengembalian barang-barang tersebut jika perlu; dan mendaur ulang bahan-bahan jika dapat.
Rantai Persediaan
ü  Pabrik pemasok
ü  Produsen
ü  Perantara grosir
ü  Peritel
ü  Konsumen
Sering kali, perusahaan mengalih kontrak proses rantai persediaan ke perusahaan-perusahaan seperti Menlo Worldwide. Ahli-ahli seperti ini dapat secara lebih baik mengurangi biaya-biaya distribusi. Perusahaan distribusi apa yang Anda gunakan untuk mengirim paket?
LAHIRNYA LOGISTIK
Logistik (logistics) meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian arus fisik bahan-bahan, barang jadi, dan informasi terkait dari titik awal sampai titik konsumsi untuk memenuhi permintaan pelanggan dan memperoleh laba.
Logistik ke dalam (inbound logistics) membawa bahan mentah, kemasan, barang dan jasa lainnya, dan informasi dari pemasok ke produsen. Penanganan bahan-bahan (materials handling) adalah pemindahan barang-barang dalam gudang, dari gudang ke pabrik, dan dari pabrik ke berbagai stasiun kerja. Logistik keluar (outbound logistics) mengelola arus barang jadi dan informasi ke pembeli bisnis dan konsumen akhir (orang-orang seperti Anda dan Saya). Logistik berbalik (reverse logistics) berarti membawa barang-barang kembali ke pabrik karena ada cacat atau untuk mendaur ulang bahan-bahan.
MEMINDAHKAN BARANG DARI PRODUSEN KE KONSUMEN SECARA EFISIEN
MEMILIH MODE TRANSPORTASI PALING TEPAT
·         Kereta cocok untuk pengiriman jumlah besar
Freight forwarder dapat menggabungkan banyak pengiriman jumlah kecil untuk menciptakan satu pengiriman besar yang dapat diangkut secara hemat biaya, dengan truk atau kereta api, ke tujuan akhir.
Penggunaan kontainer membuat pemindahan barang menjadi jauh lebih mudah. Anda dapat meletakkan kontainer di atas rangka atas gerbong kereta api, membawanya dengan truk, dan menyimpannya di gudang penyimpanan besar. Mereka dapat digunakan berulang kali. Beberapa kontainer berbentuk seperti ruang kargo di pesawat terbang, sehingga tidak ada ruang yang terbuang.
·         Truk cocok untuk pengiriman jumlah kecil ke lokasi-lokasi jauh
·         Angkutan air tidak mahal, tetapi lambat
Bagaimana Anda memindahkan bahan mentah yang berat seperti kayu gelondongan dari satu negara ke negara lain? Perusahaan truk membawa gelondongan kayu ke dermaga tempat katrol-katrol besar mengangkat gelondongan kayu ke dalam kapal. Kapal ini selanjutnya harus dibongkar muatannya dan kayu gelondongan harus diletakkan ke dalam truk yan lain untuk dipindahkan ke pabrik pengolahan. Mengapa mengelola proses logistik dengan sukses menjadi kunci untuk dapat bertahan hidup di beberapa industri?
·         Jalur pipa cepat dan efisien
·         Transportasi udara cepat, tetapi mahal
·         Pengiriman intermodal
Pengiriman intermodal (intermodal shipping) menggunakan berbagai mode transportasi; jalan layang, udara, kereta api, untuk menyelesaikan satu pergerakan kiriman jarak jauh.
Membandingkan Mode-mode Transportasi
Menggabungkan truk dengan kereta api menurunkan biaya dan meningkatkan jumlah lokasi yang dapat dijangkau. Hal ini juga berlaku untuk penggabungan truk dengan kapal laut. Menggabungkan truk dengan pesawat terbang mempercepat pengiriman barang untuk jarak jauh dan membawa mereka ke hampir semua lokasi.
FUNGSI PENYIMPANAN
MELACAK BARANG
Gantungan RFID digunakan di segala jenis situasi, mulai dari pergerakan barang hingga ke pelacakan hewan ternak hidup. Gantungan ini berisi jauh lebih banyak informasi dibanding kode batang. Salah satu layanan yang ditawarkan perusahaan pengantaran adalah melacak pengiriman Anda dari satu tempat ke tempat lainnya. Bagaimana gantungan RFID membantu Anda menghindari kehilangan kopor, kunci mobil, dan barang-barang lainnya?
MAKNA SEMUA INI BAGI ANDA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar