MENGAMBIL
RISIKO DAN MENGHASILKAN LABA
BISNIS
KEWIRAUSAHAAN PENDAPATAN, LABA, DAN KERUGIAN
Usaha
atau bisnis adalah (business) adalah aktivitas apa pun yang
berusaha untuk menyediakan barang dan jasa kepada pihak-pihak lain saat
mengoperasikannya untuk mencapai laba. Laba
(profit) adalah jumlah uang yang
diperoleh sebuah bisnis selain dari jumlah yang dikeluarkan untuk gaji dan biaya-biaya
lainnya. Seorang pengusaha (entrepreneur) adalah orang yang
mempertaruhkan waktu dan uang untuk memulai dan mengelola sebuah bisnis.
MENYESUAIKAN RISIKO
DENGAN LABA
Pendapatan
(revenue) adalah
jumlah total uang yang didapat sebuah bisnis dalam satu periode tertentu dengan
menjual barang dan jasa. Suatu kerugian (loss) terjadi saat biaya-biaya sebuah
bisnis melebihi pendapatannya.
Risiko
(risk)
adalah peluang seorang pengusaha
kehilangan waktu dan uang dalam sebuah bisnis yang mungkin nantinya
terbukti tidak menguntungkan.
Pedagang keliling hot dog memiliki biaya-biaya yang harus
dibayarkan, sebagaimana bisnis lainnya. Mereka harus mengurangi biaya-biaya
tersebut dari pendapatan-pendapatan untuk menentukan jumlah laba yang mereka
peroleh. Jenis biaya-biaya apa yang mungkin dihindari pedagang keliling
dibandingkan dengan pengusaha yang mengembangkan bisnis restoran ?
BISNIS
MENINGKATKAN STANDAR KEHIDUPAN DAN
KUALITAS HIDUP
Istialah standar kehidupan (standard of living) merujuk pada jumlah barang dan jasa yang dapat
dibeli orang dengan uang yang mereka miliki.
Istilah kualitas kehidupan (quality of life) merujuk pada kesejahteraan suatu masyarakat
secara umum dalam hal kebebasan berpolitik, lingkungan hidup alami yang bersih,
pendidikan, perawatan kesehatan, keamanan, waktu luang, dan segala sesuatu yang
menuju pada kepuasan dan kesenangan.
Anda tahu bahwa suatu
masyarakat memiliki standar kehidupan yang tinggi di wilayah tempat Anda
melihat toko-toko yang menjual barang-barang mahal. Ini termasuk kota-kota
utama di negara-negara miskin. Standar kehidupan yang tinggi secara tidak
langsung dapat dimaknai sebagai kualitas kehidupan yang tinggi. Apakah memiliki
yang Anda mau lebih penting dari menginginkan apa yang Anda punya ?
MENANGGAPI BERBAGAI
PEMANGKU KEPENTINGAN DALAM BISNIS
Pemangku
kepentingan (stakeholders)
adalah semua orang yang mungkin memperoleh keuntungan dan kerugian dari
kebijakan-kebijakan dan aktivitas-aktivitas suatu perusahaan.
Pengontrakan
keluar (outsourcing)
berarti mengontrak perusahaan lain (sering kali di negara lain) untuk melakukan
beberapa atau seluruh fungsi dari satu perusahaan (contohnya produksi atau
akuntansi).
Sering kali
kebutuhan-kebutuhan dari para pemangku kepentingan suatu perusahaan akan
bertentangan. Contohnya, membayar karyawan lebih tinggi mungkin akan mengurangi
laba pemegang saham. Menyeimbangkan tuntutan-tuntutan seperti ini merupakan
peran utama dari manajer-manajer perusahaan.
MEMAKAI PRINSIP-PRINSIP
BISNIS DALAM ORGANSASI NIRLABA
Suatu organisasi nirlaba (nonprofit organizations) adalah suatu organisasi yang
tujuan-tujuannya tidak mencakup penciptakan laba pribadi pemilik atau
pengelolanya.
KEWIRAUSAHAAN
VERSUS BEKERJA UNTUK ORANG LAIN
PENTINGNYA PENGUSAHA
BAGI PENCIPTAAN KEKAYAAN
Pernahkah Anda merasa
heran mengapa beberapa negara relatif kaya dan yang lainnya miskin ? Para ahli
ekonomi telah mempelajari masalah penciptaan kekayaan selama bertahun-tahun.
Mereka memulai proses ini dengan mempelajari sumber-sumber potensial kekayaan
untuk menentukan mana yang paling penting. Mereka menyebutnya faktor-faktor produksi (factors of production). Mereka adalah:
1.
Tanah (atau sumber-sumber daya alami)
2.
Tenaga kerja (para pekerja)
3.
Modal. (Ini termasuk mesin-mesin,
peralatan, gedung-gedung, atau apa pun juga yang digunakan dalam produksi
barang. Ini tidak mencakup uang; uang digunakan untuk membeli faktor-faktor
produksi-bukan termasuk salah satunya).
4.
Kewirausahaan.
5.
Pengetahuan.
Tanah: Tanah dan sumber-sumber
daya alam lainnya digunakan untuk membuat rumah, mobil, dan barang-barang
lainnya.
Tenaga kerja: Manusia
selalu menjadi sumber daya penting dalam memproduksi barang dan jasa, tetapi
kini banyak tenaga manusia yang digantikan dengan teknologi.
Modal: Modal termasuk
mesin-mesin, peralatan, gedung-gedung, dan sarana manufaktur lainnya.
Kewirausahaan: Seluruh
sumber daya di dunia ini memiliki nilai kecil kecuali jika para pengusaha
bersedia mengambil risiko memulai bisnis untuk menggunakan sumber-sumber daya
tersebut.
Pengetahuan: Teknologi
informasi telah merevolusi bisnis, membuat bisnis dapat menentukan dengan cepat
keinginan dan kebutuhan dan menjawabnya dengan barang-barang dan jasa-jasa yang
diinginkan.
Kewirausahaan tersedia
bagi setiap orang di Amerika Serikat. Data statistik menunjukkan bahwa jumlah
usaha baru yang didirikan pengusaha Hispanik jauh lebih besar dari rata-rata.
Akan tetapi, kelompok etnis lainnya juga sangat bersemangat memulai bisnis
sendiri dan memperbaiki standar kualitas kehidupan bagi mereka dan bagi
orang-orang yang mereka pekerjakan. Siapa sajakah pengusaha baru di kotamu ?
LINGKUNGAN
BISNIS
Lingkungan
bisnis terdiri atas faktor-faktor sekitar yang dapat
membantu atau menghambat perkembangan bisnis. Ada lima unsur dalam lingkungan
bisnis:
1.
Lingkungan ekonomi dan hukum
2.
Lingkungan teknologi
3.
Lingkungan persaingan
4.
Lingkungan sosial
5.
Lingkungan bisnis global
LINGKUNGAN EKONOMI DAN
HUKUM
1.
Kebebasan kepemilikan
2.
Undang-undang kontrak
3.
Penghapusan korupsi
4.
Mata uang yang dapat diperdagangkan
5.
Pajak dan regulasi minimum
Memulai sebuah bisnis
di beberapa negara jauh lebih sulit dibandingkan negara lain. Di India,
contohnya, seseorang harus melewati proses birokratis yang sangat rumit dan
makan waktu untuk memperoleh izin mendirikan usaha dan tanpa adanya kepastian
sukses. Walaupun begitu, bisnis-bisnis yang berhasil didirikan dapat menjadi
sumber utama kekayaan dan lapangan kerja. Bisnis perhiasan adalah salah satu
contoh kecilnya. Dapatkah Anda bayangkan peluang dan kekayaan yang mungkin
tercipta dengan hanya sedikit tambahan kebebasan di negara berpenduduk lebih
dari 1 miliar ini ?
LINGKUNGAN TEKNOLOGI
1.
Teknologi informasi
2.
Basis data
3.
Kode batang
4.
Internet
Teknologi
adalah
segala sesuatu mulai dari telepon dan mesin fotokopi hingga komputer, peralatan
kedokteran, personal digital assistants,
dan berbagai program perangkat lunak yang menjadikan proses-proses bisnis lebih
efektif, efisien dan produktif. Produktivitas
adalah jumlah keluaran yang dihasilkan dengan menggunakan jumlah masukan
tertentu (misalnya, jumlah jam kerja).
Salah satu perubahan
penting dalam tahun-tahun terakhir ini adalah pertumbuhan e-commerce, pembelian dan penjualan barang-barang melalui Internet.
Sebuah basis data adalah satu arsip
penyimpanan elektronik tempat informasi disimpan. Salah satu penggunaan basis
data adalah untuk menyimpan sejumlah besar informasi tentang pelanggan.
Pencurian
identitas (identity
theft) adalah pengambilan informasi pribadi mengenai seseorang, seperti
nomor Jaminan Sosial dan/atau nomor kartu kredit, dan menggunakan informasi
tersebut untuk tujuan-tujuan ilegal, seperti membeli barang-barang.
EBay adalah salah satu
pemegang saham dalam pertarunga bisnis melalui internet. Situs-situs internet
menjadi apa saja yang menjadi favorit Anda ? Menurut Anda apakah membeli barang
melalui internet akan sangat mempengaruhi pusat-pusat perbelanjaan di daerah
Anda ?
Sekali seorang pencuri
identitas mendapatkan nomor jaminan sosial, nomor kartu kredit, alamat, dan
sejenisnya, ia dapat menagihkan berbagai berbagai barang dan jasa ke rekening
Anda. Tahukah Anda batas yang menjadi tanggung jawab Anda ?
LINGKUNGAN PERSAINGAN
1.
Layanan pelanggan
2.
Pengakuan para pemegang kepentingan
3.
Layanan karyawan
4.
Kepedulian terhadap lingkungan
Untuk memenuhi
kebutuhan-kebutuhan pelanggan, perusahaan harus memberi pekerja lini depan
mereka (juru tulis kantor, karyawan bagian penerimaan tamu di hotel, bagian
penjualan, dan sebagainya) tanggung jawab, otoritas, kebebasan, pelatihan, dan
peralatan yang mereka perlukan untuk merespon permintaan-permintaan pelanggan
dengan cepat dan untuk mengambil keputusan-keputusan mendasar guna menghasilkan
barang berkualitas dan memberi layanan yang baik, hal ini disebut pemberdayaan (empowerment).
Bisnis
Tradisional
Ø Kepuasan
pelanggan
Ø Orientasi
pelanggan
Ø Orientasi
laba
Ø Etika
reaktif
Ø Orientasi
penduduk
Ø Fokus
manajerial
Bisnis
Kelas Dunia
Ø Menggembirakan
pelanggan
Ø Orientasi
pelanggan dan pemegang kepentingan
Ø Orientasi
laba dan sosial
Ø Etika
proaktif
Ø Orientasi
kualitas dan layanan
Ø Fokus
pelanggan
LINGKUNGAN SOSIAL
1.
Keragaman
2.
Perubahan demografis
3.
Perubahan keluarga
Demografi
(demography)
adalah penelitian statistik dari populasi manusia berkaitan dengan jumlah,
kepadatan, dan karakteristik-karakteristik, seperti umur, ras, gender, dan
pendapatan.
Banyak perusahaan besar
yang menekankan inisiatif keragaman mereka. Keragaman berarti lebih dari
etnisitas atau ras. Masuk akal bagi perusahaan untuk mencari angkatan kerja
yang beragam karena basis pelanggan cenderung sama beragamnya dan sering kali
memerlukan perhatian khusus. Apakah Anda melihat banyak keragaman di antara
mahasiswa ? Apa saja manfaat dan kerugiannya ?
LINGKUNGAN GLOBAL
1. Kompetisi
global
2. Perdagangan
bebas
3. Pentingya
kualitas
EVOLUSI
BISNIS AMERIKA
Barang
(goods)
adalah produk-produk berwujud, seperti komputer, makanan, pakaian, mobil, dan
peralatan.
Perjanjian antara
Lenovo dan IBM hanyalah salah satu dari banyak yang dapat Anda harapkan karena
dunia kini telah menjadi saling tergantung. Perusahaan-perusahaan dari Amerika
Serikat kini membuat banyak produknya di lua negeri, tetapi banyak perusahaan
asing, seperti perusahaan mobil, membuat produk mereka di Amerika Serikat.
Apakah Anda memandang globaliasi perusahaan-perusahaan sebagai sebagai satu hal
yang pada dasarnya baik atau tidak ?
KEMAJUAN DALAM INDUSTRI
PERTANIAN DAN MANUFAKTUR
Pertanian merupakan
salah satu industri-industri terbesar dan terpenting di Amerika Serikat.
Penggunaan teknologi telah menyebabkan meningkatnya produktivitas dan membuat
para petani menjadi lebih efisien, sehingga menghasilkan pertanian-pertanian
yang lebih besar. Tren ini berarti makanan yang lebih murah bagi kita, tetapi
pengurangan yang terus menerus dalam jumlah pertanian kecil yang dijalankan
keluarga. Apakah kemajuan teknologi juga membantu pertanian-pertanian kecil
untuk bersaing ?
KEMAJUAN DALAM INDUSTRI
JASA
Jasa
adalah produk-produk tak berwujud (yaitu produk-produk yang tidak dapat
dipegang di tangan Anda), seperti pendidikan, perawatan, keseshatan, asuransi,
rekreasi, serta perjalanan dan pariwisata.
Sektor jasa sering kali
dibicarakan, tetapi hanya sedikit diskusi yang mencantumkan apa saja yang
termasuk di dalamnya. Berikut ini adalah daftar jasa sebagaimana
diklasifikasikan oleh pemerintah:
Jasa
Penginapan: Hotel, pondokan, dan penginapan tempat
lainnya; Perkemahan olahraga dan rekreasi; Tempat parkir rumah mobil baru; dan
Perkemahan persinggahan.
Jasa
Pribadi: Binatu; Penyediaan linen; Layanan popok; Pembersih
karpet; Studio fotografi; Klub kesehatan; Penitipan anak; Reparasi sepatu;
Tempat pemakaman; Persiapan pajak; Salon kecantikan.
Layanan
Bisnis: Akuntansi; Agen periklanan; Jasa penagihan;
Fotografi komersial; Seni komersial; Layanan stenografi; Pembersihan jendela;
Konsultasi; Penyewaan alat; Pemusnahan; Agen pencarian kerja; Pemograman
komputer; Lab riset dan pengembangan; Layanan manajemen; Hubungan masyarakat;
Agen detektif; Desain interior; Desain web.
Layanan
Perbaikan Mobil dan Garasi: Penyewaan mobil;
Penyewaan truk; Tempat parkir; Bengkel cat; Vulkanisir ban; Bengkel knalpot;
Tempat cuci mobil; Perbaikan transmisi.
Aneka
Layanan Reparasi: Radio dan televisi; Pengasahan;
Pengurasan septic tank; Pengelasan;
Asuransi.
Industri
Perfilman: Produksi; Distribusi; Bioskop; Drive-ins.
Jasa
Hiburan dan Rekreasi: Aula dansa; Orkes simfoni; Tempat
biliar; Arena bowling; Pekan raya;
Taman botani; Penyewaan video; Arena balap; Lapangan golf; Taman hiburan;
Karnaval; Arena seluncur es; Sirkus; Berita hiburan.
Layanan
Kesehatan: Dokter; Dokter gigi; Ahli tukang belakang;
Perawatan bayi; Laboratorium medis; Laboratorium gigi.
Jasa
Hukum
Jasa
Pendidikan: Perpustakaan; Sekolah; Sekolah komputer.
Layanan
Sosial: Penitipan anak; Pelatihan kerja; Layanan keluarga.
Museum
non-komersil, galeri seni, dan taman botani, dan zoolagi
Organisasi
beranggota terpilih: Asosiasi bisnis; Asosiasi masyarakat.
Jasa
Keuangan: Perbankan; Agen investasi (perantara); Agen
perumahan jam; Perbaikan jok.
Aneka
Jasa: Arsitektur; Rekayasa; Telekomunikasi; Survei;
Utilities.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar