Jumat, 26 Oktober 2012

Mengelola dalam Lingkungan Bisnis Dinamis: Mengambil Risiko dan Menghasilkan Laba

MENGAMBIL RISIKO DAN MENGHASILKAN LABA
BISNIS KEWIRAUSAHAAN PENDAPATAN, LABA, DAN KERUGIAN
Usaha atau bisnis adalah (business) adalah aktivitas apa pun yang berusaha untuk menyediakan barang dan jasa kepada pihak-pihak lain saat mengoperasikannya untuk mencapai laba. Laba (profit) adalah jumlah uang yang diperoleh sebuah bisnis selain dari jumlah yang dikeluarkan untuk gaji dan biaya-biaya lainnya. Seorang pengusaha (entrepreneur) adalah orang yang mempertaruhkan waktu dan uang untuk memulai dan mengelola sebuah bisnis.
MENYESUAIKAN RISIKO DENGAN LABA
Pendapatan (revenue) adalah jumlah total uang yang didapat sebuah bisnis dalam satu periode tertentu dengan menjual barang dan jasa. Suatu kerugian (loss) terjadi saat biaya-biaya sebuah bisnis melebihi pendapatannya.
Risiko (risk) adalah peluang seorang pengusaha  kehilangan waktu dan uang dalam sebuah bisnis yang mungkin nantinya terbukti tidak menguntungkan.
Pedagang keliling hot dog memiliki biaya-biaya yang harus dibayarkan, sebagaimana bisnis lainnya. Mereka harus mengurangi biaya-biaya tersebut dari pendapatan-pendapatan untuk menentukan jumlah laba yang mereka peroleh. Jenis biaya-biaya apa yang mungkin dihindari pedagang keliling dibandingkan dengan pengusaha yang mengembangkan bisnis restoran ?
BISNIS MENINGKATKAN  STANDAR KEHIDUPAN DAN KUALITAS HIDUP
Istialah standar kehidupan (standard of living) merujuk pada jumlah barang dan jasa yang dapat dibeli orang dengan uang yang mereka miliki.
Istilah kualitas kehidupan (quality of life) merujuk pada kesejahteraan suatu masyarakat secara umum dalam hal kebebasan berpolitik, lingkungan hidup alami yang bersih, pendidikan, perawatan kesehatan, keamanan, waktu luang, dan segala sesuatu yang menuju pada kepuasan dan kesenangan.
Anda tahu bahwa suatu masyarakat memiliki standar kehidupan yang tinggi di wilayah tempat Anda melihat toko-toko yang menjual barang-barang mahal. Ini termasuk kota-kota utama di negara-negara miskin. Standar kehidupan yang tinggi secara tidak langsung dapat dimaknai sebagai kualitas kehidupan yang tinggi. Apakah memiliki yang Anda mau lebih penting dari menginginkan apa yang Anda punya ?
MENANGGAPI BERBAGAI PEMANGKU KEPENTINGAN DALAM BISNIS
Pemangku kepentingan (stakeholders) adalah semua orang yang mungkin memperoleh keuntungan dan kerugian dari kebijakan-kebijakan dan aktivitas-aktivitas suatu perusahaan.
Pengontrakan keluar (outsourcing) berarti mengontrak perusahaan lain (sering kali di negara lain) untuk melakukan beberapa atau seluruh fungsi dari satu perusahaan (contohnya produksi atau akuntansi).
Sering kali kebutuhan-kebutuhan dari para pemangku kepentingan suatu perusahaan akan bertentangan. Contohnya, membayar karyawan lebih tinggi mungkin akan mengurangi laba pemegang saham. Menyeimbangkan tuntutan-tuntutan seperti ini merupakan peran utama dari manajer-manajer perusahaan.
MEMAKAI PRINSIP-PRINSIP BISNIS DALAM ORGANSASI NIRLABA
Suatu organisasi nirlaba (nonprofit organizations) adalah suatu organisasi yang tujuan-tujuannya tidak mencakup penciptakan laba pribadi pemilik atau pengelolanya.
KEWIRAUSAHAAN VERSUS BEKERJA UNTUK ORANG LAIN
PENTINGNYA PENGUSAHA BAGI PENCIPTAAN KEKAYAAN
Pernahkah Anda merasa heran mengapa beberapa negara relatif kaya dan yang lainnya miskin ? Para ahli ekonomi telah mempelajari masalah penciptaan kekayaan selama bertahun-tahun. Mereka memulai proses ini dengan mempelajari sumber-sumber potensial kekayaan untuk menentukan mana yang paling penting. Mereka menyebutnya faktor-faktor produksi (factors of production). Mereka adalah:
1.      Tanah (atau sumber-sumber daya alami)
2.      Tenaga kerja (para pekerja)
3.      Modal. (Ini termasuk mesin-mesin, peralatan, gedung-gedung, atau apa pun juga yang digunakan dalam produksi barang. Ini tidak mencakup uang; uang digunakan untuk membeli faktor-faktor produksi-bukan termasuk salah satunya).
4.      Kewirausahaan.
5.      Pengetahuan.
Tanah: Tanah dan sumber-sumber daya alam lainnya digunakan untuk membuat rumah, mobil, dan barang-barang lainnya.
Tenaga kerja: Manusia selalu menjadi sumber daya penting dalam memproduksi barang dan jasa, tetapi kini banyak tenaga manusia yang digantikan dengan teknologi.
Modal: Modal termasuk mesin-mesin, peralatan, gedung-gedung, dan sarana manufaktur lainnya.
Kewirausahaan: Seluruh sumber daya di dunia ini memiliki nilai kecil kecuali jika para pengusaha bersedia mengambil risiko memulai bisnis untuk menggunakan sumber-sumber daya tersebut.
Pengetahuan: Teknologi informasi telah merevolusi bisnis, membuat bisnis dapat menentukan dengan cepat keinginan dan kebutuhan dan menjawabnya dengan barang-barang dan jasa-jasa yang diinginkan.
Kewirausahaan tersedia bagi setiap orang di Amerika Serikat. Data statistik menunjukkan bahwa jumlah usaha baru yang didirikan pengusaha Hispanik jauh lebih besar dari rata-rata. Akan tetapi, kelompok etnis lainnya juga sangat bersemangat memulai bisnis sendiri dan memperbaiki standar kualitas kehidupan bagi mereka dan bagi orang-orang yang mereka pekerjakan. Siapa sajakah pengusaha baru di kotamu ?
LINGKUNGAN BISNIS
Lingkungan bisnis terdiri atas faktor-faktor sekitar yang dapat membantu atau menghambat perkembangan bisnis. Ada lima unsur dalam lingkungan bisnis:
1.      Lingkungan ekonomi dan hukum
2.      Lingkungan teknologi
3.      Lingkungan persaingan
4.      Lingkungan sosial
5.      Lingkungan bisnis global
LINGKUNGAN EKONOMI DAN HUKUM
1.      Kebebasan kepemilikan
2.      Undang-undang kontrak
3.      Penghapusan korupsi
4.      Mata uang yang dapat diperdagangkan
5.      Pajak dan regulasi minimum
Memulai sebuah bisnis di beberapa negara jauh lebih sulit dibandingkan negara lain. Di India, contohnya, seseorang harus melewati proses birokratis yang sangat rumit dan makan waktu untuk memperoleh izin mendirikan usaha dan tanpa adanya kepastian sukses. Walaupun begitu, bisnis-bisnis yang berhasil didirikan dapat menjadi sumber utama kekayaan dan lapangan kerja. Bisnis perhiasan adalah salah satu contoh kecilnya. Dapatkah Anda bayangkan peluang dan kekayaan yang mungkin tercipta dengan hanya sedikit tambahan kebebasan di negara berpenduduk lebih dari 1 miliar ini ?
LINGKUNGAN TEKNOLOGI
1.      Teknologi informasi
2.      Basis data
3.      Kode batang
4.      Internet
Teknologi adalah segala sesuatu mulai dari telepon dan mesin fotokopi hingga komputer, peralatan kedokteran, personal digital assistants, dan berbagai program perangkat lunak yang menjadikan proses-proses bisnis lebih efektif, efisien dan produktif. Produktivitas adalah jumlah keluaran yang dihasilkan dengan menggunakan jumlah masukan tertentu (misalnya, jumlah jam kerja).
Salah satu perubahan penting dalam tahun-tahun terakhir ini adalah pertumbuhan e-commerce, pembelian dan penjualan barang-barang melalui Internet.
Sebuah basis data adalah satu arsip penyimpanan elektronik tempat informasi disimpan. Salah satu penggunaan basis data adalah untuk menyimpan sejumlah besar informasi tentang pelanggan.
Pencurian identitas (identity theft) adalah pengambilan informasi pribadi mengenai seseorang, seperti nomor Jaminan Sosial dan/atau nomor kartu kredit, dan menggunakan informasi tersebut untuk tujuan-tujuan ilegal, seperti membeli barang-barang.
EBay adalah salah satu pemegang saham dalam pertarunga bisnis melalui internet. Situs-situs internet menjadi apa saja yang menjadi favorit Anda ? Menurut Anda apakah membeli barang melalui internet akan sangat mempengaruhi pusat-pusat perbelanjaan di daerah Anda ?
Sekali seorang pencuri identitas mendapatkan nomor jaminan sosial, nomor kartu kredit, alamat, dan sejenisnya, ia dapat menagihkan berbagai berbagai barang dan jasa ke rekening Anda. Tahukah Anda batas yang menjadi tanggung jawab Anda ?
LINGKUNGAN PERSAINGAN
1.      Layanan pelanggan
2.      Pengakuan para pemegang kepentingan
3.      Layanan karyawan
4.      Kepedulian terhadap lingkungan
Untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan pelanggan, perusahaan harus memberi pekerja lini depan mereka (juru tulis kantor, karyawan bagian penerimaan tamu di hotel, bagian penjualan, dan sebagainya) tanggung jawab, otoritas, kebebasan, pelatihan, dan peralatan yang mereka perlukan untuk merespon permintaan-permintaan pelanggan dengan cepat dan untuk mengambil keputusan-keputusan mendasar guna menghasilkan barang berkualitas dan memberi layanan yang baik, hal ini disebut pemberdayaan (empowerment).
Bisnis Tradisional
Ø  Kepuasan pelanggan
Ø  Orientasi pelanggan
Ø  Orientasi laba
Ø  Etika reaktif
Ø  Orientasi penduduk
Ø  Fokus manajerial
Bisnis Kelas Dunia
Ø  Menggembirakan pelanggan
Ø  Orientasi pelanggan dan pemegang kepentingan
Ø  Orientasi laba dan sosial
Ø  Etika proaktif
Ø  Orientasi kualitas dan layanan
Ø  Fokus pelanggan

LINGKUNGAN SOSIAL
1.      Keragaman
2.      Perubahan demografis
3.      Perubahan keluarga
Demografi (demography) adalah penelitian statistik dari populasi manusia berkaitan dengan jumlah, kepadatan, dan karakteristik-karakteristik, seperti umur, ras, gender, dan pendapatan.
Banyak perusahaan besar yang menekankan inisiatif keragaman mereka. Keragaman berarti lebih dari etnisitas atau ras. Masuk akal bagi perusahaan untuk mencari angkatan kerja yang beragam karena basis pelanggan cenderung sama beragamnya dan sering kali memerlukan perhatian khusus. Apakah Anda melihat banyak keragaman di antara mahasiswa ? Apa saja manfaat dan kerugiannya ?
LINGKUNGAN GLOBAL
1.      Kompetisi global
2.      Perdagangan bebas
3.      Pentingya kualitas
EVOLUSI BISNIS AMERIKA
Barang (goods) adalah produk-produk berwujud, seperti komputer, makanan, pakaian, mobil, dan peralatan.
Perjanjian antara Lenovo dan IBM hanyalah salah satu dari banyak yang dapat Anda harapkan karena dunia kini telah menjadi saling tergantung. Perusahaan-perusahaan dari Amerika Serikat kini membuat banyak produknya di lua negeri, tetapi banyak perusahaan asing, seperti perusahaan mobil, membuat produk mereka di Amerika Serikat. Apakah Anda memandang globaliasi perusahaan-perusahaan sebagai sebagai satu hal yang pada dasarnya baik atau tidak ?
KEMAJUAN DALAM INDUSTRI PERTANIAN DAN MANUFAKTUR
Pertanian merupakan salah satu industri-industri terbesar dan terpenting di Amerika Serikat. Penggunaan teknologi telah menyebabkan meningkatnya produktivitas dan membuat para petani menjadi lebih efisien, sehingga menghasilkan pertanian-pertanian yang lebih besar. Tren ini berarti makanan yang lebih murah bagi kita, tetapi pengurangan yang terus menerus dalam jumlah pertanian kecil yang dijalankan keluarga. Apakah kemajuan teknologi juga membantu pertanian-pertanian kecil untuk bersaing ?

KEMAJUAN DALAM INDUSTRI JASA
Jasa adalah produk-produk tak berwujud (yaitu produk-produk yang tidak dapat dipegang di tangan Anda), seperti pendidikan, perawatan, keseshatan, asuransi, rekreasi, serta perjalanan dan pariwisata.
Sektor jasa sering kali dibicarakan, tetapi hanya sedikit diskusi yang mencantumkan apa saja yang termasuk di dalamnya. Berikut ini adalah daftar jasa sebagaimana diklasifikasikan oleh pemerintah:
Jasa Penginapan: Hotel, pondokan, dan penginapan tempat lainnya; Perkemahan olahraga dan rekreasi; Tempat parkir rumah mobil baru; dan Perkemahan persinggahan.
Jasa Pribadi: Binatu; Penyediaan linen; Layanan popok; Pembersih karpet; Studio fotografi; Klub kesehatan; Penitipan anak; Reparasi sepatu; Tempat pemakaman; Persiapan pajak; Salon kecantikan.
Layanan Bisnis: Akuntansi; Agen periklanan; Jasa penagihan; Fotografi komersial; Seni komersial; Layanan stenografi; Pembersihan jendela; Konsultasi; Penyewaan alat; Pemusnahan; Agen pencarian kerja; Pemograman komputer; Lab riset dan pengembangan; Layanan manajemen; Hubungan masyarakat; Agen detektif; Desain interior; Desain web.
Layanan Perbaikan Mobil dan Garasi: Penyewaan mobil; Penyewaan truk; Tempat parkir; Bengkel cat; Vulkanisir ban; Bengkel knalpot; Tempat cuci mobil; Perbaikan transmisi.
Aneka Layanan Reparasi: Radio dan televisi; Pengasahan; Pengurasan septic tank; Pengelasan; Asuransi.
Industri Perfilman: Produksi; Distribusi; Bioskop; Drive-ins.
Jasa Hiburan dan Rekreasi: Aula dansa; Orkes simfoni; Tempat biliar; Arena bowling; Pekan raya; Taman botani; Penyewaan video; Arena balap; Lapangan golf; Taman hiburan; Karnaval; Arena seluncur es; Sirkus; Berita hiburan.
Layanan Kesehatan: Dokter; Dokter gigi; Ahli tukang belakang; Perawatan bayi; Laboratorium medis; Laboratorium gigi.
Jasa Hukum
Jasa Pendidikan: Perpustakaan; Sekolah; Sekolah komputer.
Layanan Sosial: Penitipan anak; Pelatihan kerja; Layanan keluarga.
Museum non-komersil, galeri seni, dan taman botani, dan zoolagi
Organisasi beranggota terpilih: Asosiasi bisnis; Asosiasi masyarakat.
Jasa Keuangan: Perbankan; Agen investasi (perantara); Agen perumahan jam; Perbaikan jok.
Aneka Jasa: Arsitektur; Rekayasa; Telekomunikasi; Survei; Utilities.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar