Minggu, 28 Oktober 2012

Kewirausahaan dan Memulai Bisnis Kecil

KEWIRAUSAHAAN DAN MEMULAI BISNIS KECIL
ZAMAN WIRAUSAHAWAN
Kewirausahaan (entrepreneurship) adalah menerima risiko untuk memulai dan menjalankan sebuah bisnis.
KEKUATAN PENCIPTAAN LAPANGAN PEKERJAAN DARI WIRAUSAHAWAN DI AMERIKA SERIKAT
Pertimbangkan beberapa dari banyak wirausahawan yang telah membantu membentuk ekonomi Amerika:
·        Du Pont, yang memanufaktur ribuan produk di bawah nama merek, seperti Teflon dan Lycra, didirikan pada tahun 1802 oleh imigran Prancis bernama Eleuthere Irenee du Pont de Nemours. Sekitar 18 pemegang saham memberikan $36.000 sebagai uang untuk mendirikan perusahaan tersebut.
·        Avon didirikan pada tahun 1886 dengan uang sebesar $500 yang dipinjam David McConnell dari seorang teman.
·        George Eastman meluncurkan Kodak pada tahun 1880 dengan investasi sebesar $3.000
·        Procter & Gamble dibentuk pada tahun 1837 oleh William Procter dan James Gamble dengan modal total sebesar $7.000.
·        Ford Motor Company dimulai dengan investasi sebesar $28.000 oleh Henry Ford dan 11 rekanan.
·        Amazon.com dimulai dengan investasi oleh keluarga pendirinya Jeff Bezos dan teman-temannya. Oarng tua Bezos menginvestasikan $300.000, sebagian besar dari akun pensiunnya. Sekarang mereka menjadi miliarder.
MENGAPA ORANG MENGAMBIL TANTANGAN WIRAUSAHA
Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa orang bersedia mengambil risiko untuk memulai sebuah bisnis:
·        Kesempatan. Kesempatan untuk berbagi mimpi Amerika merupakan daya tarik yang sangat besar. Banyak orang, termasuk mereka yang baru di negara ini, mungkin tidak mempunyai keterampilan yang dibutuhkan untuk bekerja dalam organisasi kompleks di masa sekarang. Akan tetapi, mereka mungkin memiliki inisiatif dan dorongan untuk bekerja dalam jam kerja panjang yang dituntut oleh kewirausahaan. Hal yang sama juga berlaku bagi banyak manajer korporasi yang meninggalkan jaminan kehidupan korporat (entah karena pilihan atau sebagai hasil dari perampingan korporat) untuk menjalankan bisnis mereka sendiri. Orang lainnya, termasuk semakin banyak orang dengan cacat tubuh, menemukan bahwa memulai bisnis mereka sendiri menawarkan lebih banyak kesempatan dibandingkan bekerja untuk orang lain.
·        Laba. Laba adalah alasan penting lainnya untuk menjadi seorang wirausahawan. Pada suatu waktu orang terkaya di Amerika adalah Sam Walton, wirausahawan yang memulai Wal-Mart. Sekarang orang terkaya di Amerika adalah Bill Gates, wirausahawan yang mendirikan Microsoft Corporation.
·        Kemerdekaan. Banyak wirausahawan tidak menikmati bekerja untuk orang lain. Banyak pengacara, sebagai contoh, tidak menyukai tekanan dan tuntutan dari firma hukum besar. Beberapa dari mereka telah menemukan kenikmatan dan kepuasan diri dalam memulai bisnis mereka sendiri.
·        Tantangan. Beberapa orang percaya bahwa wirausahawan adalah pecandu kesenangan yang tumbuh subur dengan mengambil risiko. Akan tetapi, Nancy Flexman dan Thomas Scanlan dalam buku mereka Running Your Own Business berpendapat bahwa wirausahaawan mengambil risiko moderat yang telah di perhitungkan; mereka tidak hanya sekedar berjudi. Akan tetapi, secara umum, wirausahawan lebih mencari pencapaian dibandingkan kekuasaan.
Penjual bahan makanan sinting Jim Bonaminio dapat mengenakan jubah penyihirnya dan bersepatu roda mengelilingi Jungle Jim’s International Market miliknya, tetapi ia serius ketika menyangkut bisnisnya. Alih-alih bersaing pada harga melawan mega raksasa seperti Wal-Mart, Jungle Jim’s bersaing pada keragaman produk. Sebuah kotak berisi 1.200 macam saus pedas terletak di bawah mesin pemadaman antik. Mengapa menurut Anda pelanggan dapat tetap loyal pada Jungle Jim’s.
APAKAH YANG DIBUTUHKAN UNTUK MENJADI WIRAUSAHAWAN ?
Daftar sifat wirausaha yang ingin Anda cari di dalam diri Anda sendiri meliputi hal-hal berikut:
·        Memerintah diri. Anda sepenuhnya nyaman dan sepenuhhnya berdisiplin diri meskipun Anda adalah atasan Anda sendiri. Anda akan bertanggung jawab untuk keberhasilan atau kegagalan Anda.
·        Memelihara diri. Anda harus percaya pada gagasan Anda meskipun tidak seorang pun yang percaya, dan mampu memelihara antusiasme Anda sendiri. Ketika Walt Disney menyatakan kemungkinan membuat film animasi berdurasi penuh, Snow White, industri tertawa. Komitmen dan antusiasme pribadinya menyebabkan Bank of America mendukung ventura-nya. Sisanya menjadi sejarah.
·        Berorientasi tindakan. Ide bisnis besar saja tidaklah cukup. Hal yang paling penting adalah keinginan membara untuk mewujudkan, mengaktualisasikan, dan membangun mimpi Anda menjadi kenyataan.
·        Penuh semangat. Ini adalah bisnis Anda, dan Anda harus secara emosional, mental, dan fisik mampu bekerja lama dan keras. Sebagai contoh, Tabitha Mageto dan Remi Pageon, pemilik bersama dari Artisan Bakery di Virginia, acap kali menghabiskan 18 jam sehari di toko mereka. Selama musim Natal, masing-masing bekerja dalam shift sepanjang 48 jam. “Tetapi itu lebih baik dibandingkan bekerja 18 jam sehari untuk orang lain,” kata Mageto.
·        Toleran terhadap ketidakpastian. Wirausahawan yang berhasil hanya mengambil risiko yang diperhitungkan (jika mereka dapat mengatasinya). Akan tetapi, mereka masih harus menanggung sejumlah risiko. Ingat, kewirausahaan bukanlah untuk mereka yang memilih-milih atau menginginkan rasa aman.
Nasihat untuk Wirausahawan Potensial
·        Bekerjalah untuk orang lain lebih dahulu dan belajar dengan uang mereka.
·        Lakukan riset terhadap pasar Anda, tetapi jangan menunggu terlalu lama untuk bertindak.
·        Mulailah bisnis Anda saat Anda mempunyai seorang pelanggan. Mungkin pada awalnya cobalah ventura Anda sebagai sambilan.
·        Tetapkan tujuan yang spesifik, tetapi jangan menetapkan tujuan Anda terlalu tinggi. Ingatlah, tidak ada uang yang datang dengan mudah.
·        Rencanakan tujuan Anda dalam kerangka waktu yang spesifik.
·        Buatlah Anda dikelilingi oleh orang-orang yang lebih pandai dari Anda, termasuk seorang akuntan dan seorang dewan direktur luar yang tertarik dalam kesejahteraan Anda dan yang akan memberikan jawaban yang jujur.
·        Jangan takut untuk gagal. Bekas pelatih football Vince Lombardi merangkum filosofi wirausaha ketika ia mengatakan, “Kami tidak kalah dalam musim ini,kami hanya kehabisan waktu dua kali”. Wirausahawan baru harus siap untuk kehabisan waktu beberapa kali sebelum mereka berhasil.
TIM WIRAUSAHA
Sebuah tim wirausaha (entrepreneurial team) adalah sekelompok orang berpengalaman dari berbagai area bisnis yang bergabung bersama untuk membentuk sebuah tim manajerial dengan keterampilan yang dibutuhkan untuk mengembangkan, membuat, dan memasarkan sebuah produk baru.
WIRAUSAHAWAN MIKRO DAN BISNIS BERBASIS RUMAHAN
Beberapa orang hanya tertarik untuk menikmati gaya hidup yang seimbang sembari melakukan pekerjaan yang ingin mereka lakukan. Penulis bisnis Michael LeBoeuf menamakan pemilik bisnis seperti ini sebagai wirausahawan mikro (micropreneurs).
Selain untuk membantu pemilik bisnis menyeimbangkan antara kerja dan keluarga, alasan lain pertumbuhan bisnis berbasis rumahan meliputi hal-hal berikut ini:
·        Teknologi komputer telah menyeimbangkan lapangan persaingan, memungkinkan bisnis berbasis rumahan untuk terlihat dan bertindak seperti pesaing korporat yang besar. Koneksi Internet broadband, personal digital assistant (PDA), dan teknologi lainnya sedemikian terjangkau, sehingga mendirikan sebuah bisnis membutuhkan investasi awal yang jauh lebih kecil dibandingkan sebelumnya.
·        Perampingan korporat telah membuat para pekerja menyadari tidak adanya jaminan pekerjaan, dan menyebabkan banyak orang mendirikan ventura mereka sendiri. Sementara itu, pekerjaan dari para pekerja korban perampingan masih harus dilakukan dan korporasi-korporasi mengontrakkan keluar banyak pekerjaan mereka kepada perusahaan yang lebih kecil; yaitu, mereka mengadakan kontrak dengan perusahaan kecil untuk secara temporer mengisi kebutuhan mereka.
·        Sikap sosial telah berubah. Wirausahawan berbasis rumahan sebelumnya ditanyai kapan mereka akan mendapatkan pekerjaan “sesungguhnya”, alih-alih mereka sekarang memungkinkan dimintai nasihat atas bagaimana cara melakukannya.
·        Hukum pajak yang baru telah melonggarkan pembatasan-pembatasan mengenai pemotongan untuk kantor rumahan.
Dalam mendirikan sebuah bisnis rumahan, Anda dapat memperkirakan adanya tantangan-tantangan utama berikut ini:
·        Mendapatkan pelanggan baru. Sulit untuk menyebarkan berita ke luar karena Anda tidak memiliki papan nama atau tampilan toko.
·        Mengelola waktu. Tentu saja, Anda menghemat waktu karena tidak perlu bepergian pulang pergi, tetapi membutuhkan disiplin diri untuk menggunakan waktu tersebut dengan bijaksana.
·        Memisahkan tugas kerja dan keluarga. Acap kali sulit untuk memisahkan tugas kerja dan keluarga. Hebat untuk mampu membawa pakaian kotor ke pencucian di tengah hari kerja kala Anda membutuhkannya, tetapi Anda harus menjaga gangguan-gangguan seperti ini pada tingkat minimum. Merupakan hal yang sulit untuk meninggalkan pekerjaan Anda di kantor jika kantor berada di rumah. Sekali lagi, dibutuhkan disiplin diri untuk menjaga agar pekerjaan tidak mengalir dari kantor di rumah ke dalam keluarga.
·        Mematuhi peraturan kota. Peraturan pemerintah membatasi hal-hal seperti jenis bisnis yang diizinkan di bagian tertentu dalam komunitas dan berapa banyak lalu lintas yang ditimbulkan sebuah bisnis berbasis rumahan pada lingkungan sekitarnya.
·        Mengelola risiko. Wirausahawan berbasis rumahan harus meninjau polis asuransi pemilik rumah mereka karena tidak semua polis mencakup klaim yang berkaitan dengan bisnis. Beberapa bahkan akan menghanguskan perlindungan jika terdapat bisnis di rumah.
Bisnis Berbasis Rumahan Potensial
Banyak bisnis yang dapat dimulai di rumah. Di bawah ini ada 10 bisnis yang mempunyai biaya pendirian rendah, tidak membutuhkan tugas administratif yang besar, dan mempunyai permintaan yang relatif tinggi serta mudah untuk dijual:
1.      Layanan kebersihan.
2.      Bisnis keranjang hadiah.
3.      Berjualan barang di Web.
4.      Layanan daftar pos (mailing list).
5.      Pertanian mikro (tanah luasan kecil untuk tanaman bernilai tinggi seperti jamur, bunga yang dapat dimakan, atau taoge).
6.      Les privat.
7.      Layanan resume.
8.      Desain Web.
9.      Bantuan klaim medis.
10.  Pelatih pribadi.
Carilah sebuah bisnis yang memenuhi kriteria-kriteria penting berikut ini: (1) Pekerjaan tersebut benar-benar senang Anda lakukan; (2) Anda cukup tahu untuk melakukan pekerjaan tersebut dengan baik atau Anda bersedia meluangkan waktu untuk mempelajarinya sembari Anda mempunyai pekerjaan lain; dan (3) Anda dapat mengidentifikasi pasar untuk produk dan jasa Anda.
Tidak semua pemilik bisnis berbasis rumahan duduk di depan layar komputer. Pembuat coklat Jeanne Marie Miller mempunyai gelar dalam psikologi klinis serta pelatihan sebagai koki profesional. Ketika ia bekerja di sebuah klinik kesehatan mental, ia mulai menguji gula-gulanya pada rekan kerja dan teman-temannya. Terdorong oleh sambutan hangat dari mereka, Miller memutuskan untuk memulai bisnisnya sendiri, Coco’s Chocolate Dreams yang berbasis di rumahnya di New Hudson, Michigan. Ia menikmati keberhasilan yang manis.
BISNIS BERBASIS WEB
Komunitas Internet mempunyai banyak situs yang menawarkan bantuan kepada wirausahawan dalam mendirikan toko online mereka:
·        DisrtributorMatch.com memainkan peran makelar antara pemanufaktur dan distributor. Jika Anda mencari ide mengenai apa yang ingin Anda jual secara online, Anda mungkin dapat memulai dari situs ini.
·        Hypermart.com menawarkan kapasitas e-commerce penuh yang memungkinkan bisnis kecil untuk membangun sistem keamanan atau kereta belanja elektronik mereka.
·        Sitecritique.net menawarkan kritik konstruktif terhadap situs Web Anda oleh pengguna lain, direktori sumber daya, majalah desain dan daya guna Web, serta produk dan jasa desain Web.
Hati-hati terhadap Penipuan
Anda mungkin pernah membaca banyak iklan surat kabar dan majalah bisnis berbasis rumahan. Anda mungkin pernah menerima pesan e-mail tidak diundang yang menggembar-gemborkan keagungan kesempatan bekerja di rumah tertentu. Berhati-hatilah terhadap penipuan bekerja di rumah. Berikut ini adalah beberapa petunjuk yang memberi tahu Anda bahwa kesempatan bisnis rumahan tersebut adalah penipuan:
1.      Iklan tersebut menjanjikan bahwa Anda mendapatkan ratusan bahkan ribuan dolar seminggu dengan bekerja di rumah.
2.       Tidak ada pengalaman yang dibutuhkan.
3.      Anda hanya perlu bekerja beberapa jam seminggu.
4.      Terdapat banyak HURUF BESAR dan tanda seru !!!!!
5.      Anda harus menelpon nomor 900 untuk informasi lebih lanjut.
6.      Anda diminta untuk mengirimkan sejumlah uang untuk menerima daftar kesempatan bisnis berbasis rumahan.
7.      Anda ditekan untuk membuat keputusan SEKARANG !!!!
Lakukanlah pekerjaan rumah Anda sebelum berinvestasi dalam sebuah kesempatan bisnis. Telepon dan mintalah referensi. Hubungilah Better Business Bureau (www.bbb.org), Departemen Urusan Konsumen Daerah atau Negara Bagian, dan kantor jenderal pengacara negara bagian. Lakukanlah riset di Internet dan bertanyalah kepada orang-orang di ruang chat, kelompok diskusi Usenet, atau papan buletin mengenai apakah mereka pernah berurusan dengan perusahaan tersebut. Kunjungilah situs-situs Web seperti www.friendsinbusiness.com untuk menemukan nasihat pada penipuan online tertentu. Hal yang paling penting, jangan membayar sejumlah besar uang untuk suatu kesempatan bisnis sebelum Anda berbicara kepada seorang pengacara.
CEO dan Netflix, Reed Hastings, duduk di dalam sebuah kotak pengiriman pos berisi ribuan DVD pada pusat distribusi mereka di San Jose, California. Perusahaan penyewaan DVD online tersebut adalah salah satu bintang yang sedang bersinar di Internet. Hastings meluncurkan layanan berlangganan tersebut pada tahun 1999. Perusahaan itu tumbuh hingga satu juta pelanggan dalam waktu kurang dari empat tahun. Pada tahun 2005, Netflix mempunyai lebih dari 4 juta pelanggan dan berharap untuk mencapai 20 juta pada tahun 2010. Apakah keuntungan dari melakukan bisnis secara online bagi bisnis seperti Netflix ?
KEWIRAUSAHAAN DALAM PERUSAHAAN
Intrawirausahawan (intrapreneurs) adalah orang-orang kreatif yang bekerja sebagai wirausahawan dalam korporasi.
Ketika Anda mendapatkan ide juara, perjuangkanlah. Hal itu memang telah menjadi moto dari perusahaan 3M, pembuat Post-It. 3M mendorong intrawirausaha di antara karyawannya dengan mengharuskan mereka mengalokasikan sedikitnya 15 persen dari waktu mereka untuk memikirkan mengenai produk baru. Bagaimanakah komitmen terhadap inovasi tersebut berbuah untuk perusahaan dan karyawannya ?
MENDORONG KEWIRAUSAHAAN APA YANG DAPAT DILAKUKAN PEMERINTAH
Zona perusahaan (enterprise zones) adalah area geografis spesifik di mana pemerintah berusaha menarik investasi bisnis swasta dengan menawarkan pajak yang lebih rendah dan dukungan pemerintah lainnya.
Inkubator (incubators) adalah pusat yang menawarkan fasilitas kepada bisnis baru seperti kantor berbiaya rendah dengan layanan bisnis dasar, seperti akuntansi, nasihat legal, dan bantuan sekretaris.
Natasha Spedalle yang berusia enam belas tahun menjual perhiasannya kepada murid-murid di Laboratory Institute of Merchandising di New York. Spedalle memulai bisnisnya dengan modal $200. Pada tahun 2005, Initiative for Competitive Inner City memasukkan Spedalle ke dalam daftar bisnis pusat kota yang paling berhasil. ICIC mengatakan bahwa pemerintah lokal dapat memikat lebih banyak bisnis kecil ke pusat kota dengan memberikan insentif pajak, bantuan uang, dan tunjangan-tunjangan lainnya. Keuntungan apakah yang Anda lihat dari menjalankan bisnis di pusat kota ?
MEMULAI DALAM BISNIS KECIL
BISNIS KECIL VERSUS BISNIS BESAR
Small Business Administration (SBA) mendefinisikan bisnis kecil (small business) sebagai bisnis yang dimiliki dan dioperasikan secara independen, tidak dominan dalam bidang operasinya, dan memenuhi standar ukuran tertentu dalam hal jumlah karyawan atau penerimaan tahunan (misalnya, kurang dari $2 juta setahun untuk bisnis jasa). Marilah kita melihat pada beberapa statistik menarik mengenai bisnis kecil:
·        Terdapat lebih dari 20 juta bisnis berbasis rumahan paruh waktu dan purna waktu di Amerika Serikat.
·        Hampir 750.000 buah bisnis yang membayar pajak dan mempekerjakan karyawan dimulai setiap tahun.
·        Bisnis kecil menciptakan 75 persen dari lapangan pekerjaan baru di Amerika Serikat.
·        Dari semua bisnis non-pertanian di Amerika Serikat, hampir 97 persen dianggap kecil oleh standar SBA.
·        Bisnis kecil menyumbang lebih dari 50 persen dari produk domestik kotor (GDP).
·        Jumlah keseluruhan karyawan AS yang bekerja dalam bisnis kecil adalah lebih besar dibandingkan populasi Australia dan Kanada digabungkan.
·        Sekitar 80 persen orang Amerika mendapatkan pekerjaan pertama mereka dalam bisnis kecil.
·        Jumlah wanita yang memiliki bisnis kecil telah meningkat sangat cepat. Wanita sekarang memiliki hampir 6 juta bisnis kecil.
·        Bisnis yang dimiliki kalangan minoritas adalah salah satu segmen yang mempunyai pertumbuhan paling cepat dari ekonomi AS. Dalam dekade terakhir, jumlah bisnis kecil yang dimiliki oleh keturunan Asia telah tumbuh 463 persen, keturunan Hispanik 417 persen, dan keturunan Afrika Amerika 108 persen.
Faust Capobianco mencintai bisbol dan tahu bahwa kemungkinan kecil untuk mencapai liga utama. Ia akhirnya berhasil ketika perusahaannya Majestic Athletic, mengalahkan Adidas, Nike, dan Reebok untuk menjadi pemegang lisensi ekskutif untuk Major League Baseball. Majestic mengalahkan rival besarnya hanya dengan memfokuskan semua upayanya pada satu cabang olahraga. Dapatkah Anda menemukan perusahaan lain yang telah mencapai keberhasilan dengan memfokuskan pada pasar tunggal ?
PENTINGNYA BISNIS KECIL
KEBERHASILAN DAN KEGAGALAN BISNIS KECIL
Penyebab Kegagalan Bisnis Kecil
Berikut ini adalah beberapa penyebab kegagalan bisnis kecil:
·        Terjun tanpa terlebih dahulu menguji keadaan pada skala kecil.
·        Menetapkan harga terlalu rendah atau terlalu tinggi pada barang dan jasa.
·        Menaksir terlalu rendah waktu yang dibutuhkan untuk membangun pasar.
·        Memulai dengan modal terlalu kecil.
·        Memulai dengan modal terlalu banyak dan tidak berhati-hati dalam menggunakannya.
·        Memasuki bisnis dengan sedikit atau tanpa pengalaman dan tanpa terlebih dahulu mempelajari sesuatu mengenai industri atau pasar tersebut.
·        Meminjam uang tanpa perencanaan bagaimana dan kapan untuk membayar kembali.
·        Berusaha melakukan terlalu banyak bisnis dengan terlalu sedikit modal.
·        Tidak membuat kelonggaran untuk mengantisipai kemunduran dan biaya-biaya yang tidak terduga.
·        Membeli terlalu banyak dengan kredit.
·        Memperluas kredit dengan terlalu bebas.
·        Melakukan ekspansi kredit terlalu cepat.
·        Gagal untuk membuat catatan yang lengkap dan akurat, sehingga pemilik terhanyut ke dalam kesulitan tanpa menyadarinya.
·        Membawa kebiasaan keborosan pribadi ke dalam bisnis.
·        Tidak memahami siklus bisnis.
·        Melupakan tentang pajak, asuransi, dan biaya-biaya untuk melakukan bisnis lainnya.
·        Menyalahartikan kebebasan berada dalam bisnis untuk diri sendiri dengan kebebasan untuk bekerja atau tidak, sesuai keinginan hati.
Situasi untuk Keberhasilan Bisnis Kecil
·        Pelanggan membutuhkan banyak perhatian pribadi seperti dalam salon kecantikan.
·        Produknya tidak mudah dibuat dengan teknik produksi massal (misalnya, pakaian yang dibuat sesuai pesanan atau pekerjaan bodi mobil sesuai pesanan).
·        Penjualan tidak cukup besar untuk menarik perusahaan besar  (misalnya, toko pernak-pernik).
·        Lingkungan tidak menarik karena kriminal atau kemiskinan. Hal ini memberikan kesempatan unik bagi toko bahan makanan dan penatu kecil.
·        Perusahaan besar menjual operasi waralaba kepada pembeli lokal. (Jangan lupa bahwa waralaba adalah suatu cara yang sangat bagus untuk memasuki dunia bisnis kecil).
·        Pemilik menaruh perhatian pada pesaing baru.
·        Bisnis berada dalam industri pertumbuhan (misalnya, layanan komputer atau desain Web).
BELAJAR MENGENAI OPERASI BISNIS KECIL
BELAJAR DARI ORANG LAIN
CARILAH PENGALAMAN
Katrina Markoff percaya bahwa coklat dapat menyelamatkan dunia. Sebagai pendiri Vosges Haut-Chocolat, Markoff memperkenalkan pelanggannya pada kultur yang berbeda dengan mencampur coklatnya dengan rasa-rasa eksotif dari seluruh dunia. Mudah untuk mengingat Jepang ketika mencoba truffle wasabi atau Italia ketika mencoba coklat yang ditambahkan dengan keju taleggio. Setelah menerima pinjaman SBA, Markoff membuka tokonya yang pertama di Chicago dan kemudian yang lainnya di New York City dan Las Vegas dan tidak lama kemudian Jepang.
MENGAMBIL ALIH PERUSAHAAN YANG BERHASIL
MENGELOLA SEBUAH BISNIS KECIL
Untuk membantu Anda berhasil sebagai pemilik bisnis, dalam bagian berikut ini, kita akan menjelajahi fungsi bisnis dalam suatu bisnis kecil:
·        Merencanakan bisnis Anda.
·        Mendanai bisnis Anda.
·        Mengenal pelanggan Anda (pemasaran).
·        Mengelola karyawan Anda (pengembangan sumber daya manusia).
·        Membuat catatan (akuntansi).
MEMULAI DENGAN PERENCANAAN
Sebuah rencana bisnis (business plan) adalah pernyataan terperinci tertulis yang mendeskripsikan sifat bisnis, pasar sasaran, keuntungan yang akan dimiliki bisnis tersebut dalam hal kompetisi, dan sumber daya dan persyaratan dari pemilik atau para pemiliknya.
Beberapa orang mungkin berpikir bahwa generasi baby boomers yang telah menua sedang siap-siap untuk pensiun dan duduk di kursi goyang mereka untuk menonton siaran ulang/Love Lucy. Sama sekali tidak, menurut Franny Martin dan 5,6 juta orang Amerika lainnya yang berusia 50 tahun dan lebih tua yang menjalankan bisnisnya, Cookies on Call ketika ia berusia hampir 56 tahun. Ia menjual 47 jenis roti kering dengan potongan cokelat melalui situs Web-nya seharga $16 hingga $17 satu lusin dan tidak berencana untuk melambat. Apakah menurut Anda ada kata terlambat untuk memulai sebuah bisnis ?
MENULIS RENCANA BISNIS
MENDAPATKAN UANG UNTUK MENDANAI BISNIS KECIL
Investor yang dikenal sebagai pemodal ventura (venture capitalist) dapat mendanai proyek Anda dengan harga tertentu. Pemodal ventura dapat meminta bagian yang besar (hingga 60 persen) dari perusahaan Anda dengan imbalan uang untuk memulai bisnis Anda.
Karyawan di Concurrent Pharmaceuticals mengharapkan suntikan $16 juta dalam modal ventura akan membantu perusahaan tersebut mengikuti jejak raksasa pasar, seperti Intel dan Cisco yang menggunakan pendanaan modal ventura untuk menumbuhkan bisnis mereka. Para pemodal ventura dapat merupakan sumber dana untuk mendirikan bisnis kecil, tetapi mereka biasanya mengharuskan adanya bagian kepemilikan dalam perusahaan.
SMALL BUSINESS ADMINISTRATION
Small Business Administration (SBA) adalah agen pemerintah AS yang memberi nasihat dan bantuan kepada bisnis kecil dengan menyediakan pelatihan manajemen dan nasihat finansial dan pinjaman.
Anda mungkin juga ingin mempertimbangkan untuk mengajukan permintaan dana dari Small Business Investment Company (SBIC) Program. SBIC adalah perusahaan investasi privat yang mendapatkan lisensi dari Small Business Administration untuk meminjamkan uang kepada bisnis kecil.
Jenis-jenis Bantuan Finansial SBA
SBA dapat memberikan jenis-jenis bantuan finansial berikut ini:
·        Pinjaman bergaransi = pinjaman yang diberikan oleh institusi finansial yang akan dibayar oleh pemerintah jika peminjam berhenti membayar. Garansi pinjaman individu maksimum adalah $1 juta.
·        Pinjaman mikro = jumlahnya berkisar dari $100 hingga $35.000 (rata-rata $10.500) yang diberikan pada orang-orang seperti orang tua tungal dan penyewa perumahan publik.
·        Ekport Express = pinjaman yang diberikan kepada bisnis kecil yang ingin melakukan ekspor. Jumlah pinjaman bergaransi maksimum adalah $250.000.
·        Community Adjustment and Investment Program (CAIP) = pinjaman kepada bisnis untuk menciptakan lapangan pekerjaan baru yang berkelanjutan atau untuk mempertahankan pekerjaan yang sudah ada dalam komunitas yang memenuhi syarat yang telah kehilangan pekerjaan karena perubahan pola dagang dengan Meksiko dan Kanada setelah diadopsinya NAFTA.
·        Pinjaman pengendalian polusi = pinjaman kepada bisnis kecil yang memenuhi syarat untuk pendanaan perencanaan, perancangan, atau instalasi dari fasilitas pengendalian polusi. Fasilitas ini harus mencegah, mengurangi, meredakan, atau mengendalikan segala bentuk polusi, meliputi daur ulang. Jumlah pinjaman bergaransi maksimumnya adalah $1 juta.
·        Pinjaman peusahaan perkembangan bersertifikat 504 (504 certified development company-CDC) = pinjaman untuk membeli aset tetap utama, seperti tanah dan bangunan untuk bisnis dalam komunitas yang memenuhi syarat, tipikal komunitas pedesaan atau area perkotaan yang membutuhkan revitalisasi. Sasaran program tersebut adalah untuk mengembangkan kepemilikan bisnis oleh kalangan minoritas, wanita, dan veteran. Jumlah pinjaman bergaransi maksimumnya adalah $1,3 juta.
Tidak semua bisnis kecil tetap kecil; beberapa darinya menjadi superstar. Lihatlah Staples, sebagai contoh. Rantai perlengkapan kantor dengan hampir 1.800 toko diseluruh dunia ini dimulai dengan bantuan pinjaman SBA pada tahun 1986. Perusahaan ini sekarang merupakan peritel senilai $16,1 miliar. Pemerintah, bertindak melalui Small Business Administration merupakan pendukung besar terhadap kewirausahaan. Pernahkah Anda menghubungi SBA untuk mendapatkan informasi untuk memulai bisnis kecil ?
MENGENAL PELANGGAN ANDA
Dalam bisnis, pasar (market) terdiri atas orang-orang dengan keinginan dan kebutuhan yang tidak terpuaskan yang memiliki sumber daya dan kesediaan untuk membeli.
MENGELOLA KARYAWAN
MEMBUAT CATATAN
MENCARI BANTUAN
Sebuah sumber informasi penting bagi bisnis kecil adalah Service Corps of Retired Executives (SCORE). Kantor SBA ini mempunyai sukarelawan dari industri, asosiasi perdagangan, dan pendidikan yang memberikan nasihat bagi bisnis kecil tanpa biaya (kecuali untuk beban).
Ketika Sharon Lee dan saudara laki-lakinya Darryl ingin membuka sebuah restoran makanan laut baru, mereka berpaling kepada Ben Pelton untuk nasihat. Lee bertemu Pelton, seorang ekskutif penjualan dan pemasaran yang telah pensiun melalui Service Corps of Retired Executives (SCORE). Pelton membantu Lee merampungkan rencana bisnisnya dan kemudian memilah-milah tumpukan proposal investasi dari pendukung prospektif yang membaca mengenai rencana bisnis mereka di sebuah artikel surat kabar lokal. Bagaimanakah perencanaa bisnis Lee memengaruhi kesempatannya untuk berhasil ?
MEMASUKI PASAR INTERNASIONAL: PROSPEK BISNIS KECIL
Bisnis kecil mempunyai sejumlah keuntungan atas bisnis besar dalam perdagangan internasional:
·        Pembeli luar negeri lebih senang berurusan dengan individu dibandingkan dengan birokrasi korporat besar.
·        Perusahaan kecil biasanya dapat mulai mengirimkan jauh lebih cepat.
·        Perusahaan kecil memberikan banyak ragam pemasok.
·        Perusahaan kecil dapat memberikan pelayanan yang lebih personal dan perhatian yang lebih tidak terbagi karena setiap akun luar negeri merupakan sumber bisnis besar bagi mereka.

2 komentar:

  1. Salam kepada semua orang, Tuhan pasti akan menjawab semua pemberi pinjaman palsu yang mencuri uang kita dengan menyamarkan pemberi pinjaman uang kepada kita, mereka datang dengan segala macam pembicaraan manis seperti memberikan pinjaman dengan suku bunga rendah, mereka semua scam kecuali Ibu yang baik. Perusahaan Rossa Stanley, yang merupakan satu-satunya pemberi pinjaman yang benar dan asli yang meminjamkan bunga 2%, inilah kisah saya, nama saya adalah annisa dari bali, indonesia, pemilik restoran, jangan tertipu atau takut pinjaman tidak dapat diperoleh dari internet, itu mungkin dan saya penerima pinjaman Internet. Saya membaca beberapa komentar Anda tentang bagaimana Anda scammed, Ya mereka scammers, dan mereka juga pemberi pinjaman nyata. Dan ibu rossa adalah salah satunya. Karena banyak pemberi pinjaman scam, saya awalnya skeptis, saya memutuskan untuk meminta pinjaman kepada ibu rossa, jadi saya menghubungi ibu rossa untuk permintaan pinjaman saya sebesar Rp100.000.000,00 dan dalam waktu 24 jam pinjaman saya disetujui dan dikirim ke rekening bank BCA saya, dan pinjaman ini datang dengan tingkat bunga sangat rendah 2% tidak seperti bank-bank di sini di Indonesia yang memberikan pinjaman sebesar 7% atau lebih, saya harus mengakui ketika saya mendapatkan uang, saya terkejut dan masih terkejut sampai saat ini, walaupun ada beberapa yang ditolak karena tidak memenuhi syarat untuk pinjaman. Tetapi saya diberikan karena keseriusan dan pendekatan saya yang tulus, saya mendapatkan pinjaman saya, dan ketika saya bertanya kepada ibu rossa bagaimana dia mendapatkan uang yang dia pinjamkan kepada banyak orang, dia mengatakan itu didukung oleh negara-negara bersatu dan bank dunia untuk membantu orang miskin sekitar ASIA dan AFRIKA untuk mengurangi kemiskinan saya tidak bisa berhenti berterima kasih kepada ibu rossa karena telah menyingkirkan saya dan keluarga saya dari kemiskinan, jadi saya merasa karena dia baik dan baik kepada saya, saya perlu berbagi berita tentang perusahaannya sehingga orang-orang akan tahu tentang dia pinjaman perusahaan dan juga menghindari jatuh cinta kepada pemberi pinjaman palsu yang membanjiri mana-mana dengan cerita palsu., Anda dapat berbicara dengan ibu rossa melalui email, whats-app dan teks, saya merasa dibandingkan dengan berbagi rincian ini tetapi banyak yang tidak serius dan akan memanggil ibu tidak perlu jadi saya hanya bisa memberikan alamat emailnya untuk mencapai ibu rossa yang rossastanleyloancompany@gmail.com, jika Anda menghubungi mereka, mereka akan menjawab Anda dengan cepat dan jika Anda ragu dengan apa pun Anda dapat menghubungi saya di Facebook @ annisa buat atau emai Aku di annisaberkarya@gmail.com. semoga ALLAH yang maha kuasa terus memberkati dan melindungi wanita rossa stanley yang baik dan pengertian ini.

    BalasHapus
  2. Apakah Anda mengalami kesulitan keuangan atau Anda ingin memenuhi impian Anda dengan dana?
    Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk melunasi tagihan Anda, Memulai atau memperluas bisnis Anda?
    Apakah Anda mengalami kesulitan dalam memperoleh pinjaman dari Pemberi Pinjaman keras atau Bank karena tingginya biaya / persyaratan pinjaman?
    Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk alasan yang sah?
    Maka khawatir kami datang untuk menawarkan pinjaman kepada pelamar yang tertarik baik lokal maupun luar negeri tidak peduli jenis kelamin atau lokasi tetapi usia harus 18 tahun ke atas.
    Kembali ke kami untuk negosiasi jumlah yang Anda butuhkan akan menjadi keputusan yang bijaksana.
    JENIS PINJAMAN KAMI
    Pinjaman ini dibuat untuk membantu klien kami secara finansial, dengan tujuan mengurangi beban keuangan. Untuk alasan apa pun, pelanggan dapat menemukan rencana pinjaman yang sesuai dari perusahaan kami yang memenuhi persyaratan keuangan.

    Data pemohon:
    1) Nama Lengkap:
    2) Negara
    3) Alamat:
    4) Seks:
    5) Bekerja:
    6) Nomor Telepon:
    7) Posisi saat ini di tempat kerja:
    8 Penghasilan bulanan:
    9) Jumlah pinjaman yang dibutuhkan:
    10) Periode pinjaman:
    11) Apakah Anda mendaftar sebelumnya:
    12) Tanggal Lahir:
    Hubungi perusahaan pinjaman Gloria S melalui email:
    {gloriasloancompany@gmail.com} atau
    Nomor WhatsApp: +1 (815) 427-9002
    Salam Hormat

    BalasHapus