Sabtu, 03 November 2012

Memproduksi Barang dan Jasa Kelas Dunia

MEMPRODUKSI BARANG DAN JASA KELAS DUNIA
MANUFAKTUR AMERIKA SERIKAT DALAM PERSPEKTIF
Hyundai hanyalah salah satu dari banyak pemanufaktur mobil yang meng-insource pekerjaan-pekerjaan kepada Amerika Serikat. Mengapa Anda beranggapan ada begitu banyak artikel menekankan pengontrakan keluar ketika ribuan pekerjaan diciptakan dengan insourcing ?
APA YANG TELAH DILAKUKAN PARA PEMANUFAKTUR UNTUK MENJADI LEBIH KOMPETITIF
Apa yang telah dilakukan oleh para pemanufaktur Amerika untuk mendapatkan kembali daya kompetitif ? Mereka menekankan yang berikut ini:
·        Berfokus pada pelanggan.
·        Mempertahankan hubungan erat dengan pemasok dan perusahaan lain untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.
·        Mempraktikkan pengembangan yang kontinu.
·        Berfokus pada kualitas.
·        Menghemat biaya melalui seleksi tempat.
·        Mengandalkan Internet untuk menyatukan perusahaan-perusahaan.
·        Menggunakan teknik produksi yang baru, seperti perencanaan sumber perusahaan, manufaktur yang diintergrasi dengan komputer, manufakur yang fleksibel, dan manufaktur yang ramping.
DARI PRODUKSI KE MANAJEMEN OPERASI
Produksi (production) adalah pembuatan barang dan jasa dengan menggunakan faktor-faktor produksi: tanah, tenaga kerja, modal, kewirausahaan, dan pengetahuan.
Manajemen produksi (production management) merupakan istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan semua aktivitas yang dilakukan manajer untuk membantu perusahaan mereka menghasilkan barang. Manajemen operasi (operations management), kemudian, adalah area khusus dalam manajemen yang mengubah atau mentransformasi sumber (termasuk sumber manusia) menjadi barang dan jasa.
Setiap tahun, perusahaan menemukan cara otomatisasi  baru untuk meniadakan kebutuhan akan tenaga kerja manusia.
MANAJEMEN OPERASI DI SEKTOR JASA
Manajemen operasi di hotel-hotel didasarkan pada pelanggan. Idenya adalah untuk menawarkan layanan yang melebihi harapan pelanggan. Kunci kesuksesannya adalah pelatihan dan lebih banyak pelatihan. Operasi hotel apakah yang paling mengecewakan dan paling menyenangkan Anda di masa lalu ?
PROSES PRODUKSI
Form utilty (form utility) adalah nilai yang ditambahkan dengan pembuatan barang dan jasa yang sudah jadi, seperti nilai yang ditambahkan dengan menggunakan silikon dan membuat chip komputer atau menggabungkan layanan untuk menciptakan paket liburan.
Manufaktur proses (process manufacturing) secara fisik dan kimiawi mengubah bahan. Proses perakitan (assembly process) menyatukan komponen-komponen (telur, roti panggang, dan kopi) untuk membuat produk (makan pagi).
Proses yang berkelanjutan (continuous process) merupakan proses di mana poduksi yang lama berjalan dan menghasilkan barang jadi berkali-kali.
Proses sebentar-sebentar (intermittent process) ketika merespons pesanan pelanggan tertentu. Ini adalah operasi di mana jumlah produksi kecil (satu atau dua telur) dan mesin sering diubah untuk membuat produk yang berbeda (seperti oven di toko roti atau pemanggang roti di restoran).
Proses Prodduksi
Produksi produksi terdiri atas penggunaan faktor produksi (tanah, dll.) dan penggunaan masukan itu untuk memproduksi barang, jasa, dan ide. Perncanaan, pengarahan, penjadwalan, dan aktivitas lainnya merupakan cara untuk mencapai objektif-hasil.
MASUKAN = Tanah, Tenaga kerja, Modal, Kewirausahaan, Pengetahuan.
KONTROL PRODUKSI = Perencanaan, Pengarahan, Penjadwalan, Pengiriman, Follow-up.
HASIL = Barang, Jasa, Ide.
Amerika Serikat dapat mempertahankan posisi kepemimpinan dalam produksi dengan merancang produk yang baru dan lebih baik. Edisi BusinessWeek ini menunjukkan banyak contoh. Produk baru apakah yang sedang Anda gunakan sekarang ?
KEBUTUHAN UNTUK MENINGKATKAN TEKNIK PRODUKSI DAN MENGHEMAT BIAYA
MANUFAKTUR DAN DESAIN YANG DIBANTU DENGAN KOMPUTER
Hal pertama yang dibantu komputer adalah bantuan dalam desain produk; ini disebut desain yang dibantu dengan komputer (computer-aided design-CAD). Langkah berikutnya adalah untuk melibatkan komputer secara langsung dalam proses produksi; ini disebut manufaktur yang dibantu dengan komputer (computer-aided manufacturing-CAM).
Pada zaman sekarang, program peranti lunak menyatukan CAD dan CAM: hasilnya adalah manufaktur yang diintegrasi oleh komputer (computer-integrated manufacturing-CIM).
Pengoperasian desain yang dibantu dengan komputer (CAD). Ketika dihubungkan dengan manufaktur yang dibantu dengan komputer (CAM), peranti lunak ini dapat sangat memengaruhi proses produksi dan desain. Keuntungan apa yang bisa ditawarkan oleh teknologi ini untuk perusahaan-perusahaan manufaktur yang lebih kecil ?
MANUFAKTUR YANG FLEKSIBEL
Manufaktur yang fleksibel (flexible manufacturing) melibatkan mendesain mesin untuk melakukan banyak tugas, sehingga mesin tersebut dapat menghasilkan beragam produk.
MANUFAKTUR RAMPING
Manufaktur yang ramping (lean manufacturing) adalah produksi barang dengan menggunakan segala sumber yang lebih sedikit ketimbang produksi massa; usaha manusia yang lebih sedikit, ruang manufaktur yang lebih sedikit, investasi yang lebih sedikit dalam peralatan, dan lebih sedikit waktu perencanaan untuk mengembangkan produk baru.
PENYESUAIAN MASSA
Meskipun ini tidak mungkin, penyesuaian massa (mass cuztomization) yang berarti menyesuaikan produk untuk memenuhi kebutuhan banyak pelanggan individual, sekarang dipraktikkan di mana-mana.
Pabrik manufaktur Igus di Cologne, Jerman, dapat menyusut dan mengembang dengan cepat. Desainnya yang fleksibel membuatnya tetap kompetitif dalam pasar yang berubah dengan cepat. Karena tata ruang pabrik berubah begitu sering, beberapa karyawan menggunakan sekuter untuk secara lebih efisisen memberikan keterampilan, persediaan, dan layanan yang dibutuhkan ke banyak pangkalan kerja. Pabrik yang berubah dengan cepat membutuhkan karyawan yang bergerak dengan cepat untuk mencapai produktivitas maksimum.
PERENCANAAN MANAJEMEN OPERASI
LOKASI FASILITAS
Lokasi fasilitas (facility location) adalah proses pemilihan lokasi geografis untuk operasi perusahaan.
Briggs & Stratton memindahkan banyak operasinya dari sebuah pabrik yang sangat besar di luar Milwaukee ke sekumpulan pabrik baru dipedesaan Selatan Amerika. Fasilitas-fasilitas baru tersebut semuanya bukan serikat kerja. Para pekerja yang tergabung dalam serikat kerja di pabrik luar Milwaukee tidak akan mendapatkan bayaran dan kelonggaran tunjangan, dan perusahaan merasa perlu untuk memotong biaya supaya tetap kompetitif. Selain tenaga kerja yang lebih murah, faktor apa lagi yang dapat memengaruhi perusahaan seperti Briggs & Stratton untuk melakukan relokasi ?
TATA RUANG FASILITAS
Tata ruang fasilitas (facility layout) adalah susunan fisik sumber (termasuk orang-orang) dalam proses produksi.
PERENCANAAN PERSYARATAN BAHAN
Perencanaan persyaratan bahan (materials requirement planning-MRP) adalah sistem manajemen operasi berbasis komputer yang menggunakan ramalan penjualan untuk memastikan bahwa bagian-bagian dan bahan-bahan yang dibutuhkan tersedia pada waktu dan tempat yang tepat di satu perusahaan tertentu. Variasi terbaru dari MRP adalah perencanaan sumber perusahaan (enterprise resource planning-ERP). ERP adalah aplikasi komputer yang memungkinkan banyak perusahaan untuk mengatur semua operasi mereka (keuangan, perencanaan persyaratan, sumber daya manusia, dan pemenuhan pesanan) pada basis kumpulan data korporat yang terintegrasi.
PEMBELIAN
Pembelian (purchasing) adalah fungsi dalam sebuah perusahaan yang mencari sumber bahan berkualitas, menemukan pemasok terbaik, dan menegosiasikan harga terbaik untuk barang dan jasa yang berkualitas.
KONTROL INVENTARIS YANG TEPAT PADA WAKTUNYA
Untuk mengurangi biaya, banyak perusahaan mengimplementasikan konsep yang disebut kontrol inventaris yang tepat pada waktunya (just-in-time (JIT) inventory control). Sistem JIT menyimpan inventaris minimum di dalam gudang, serta bagian, persediaan kebutuhan lain dikirimkan tepat pada waktunya ke lini perakitan.
KONTROL KUALITAS
Kualitas (quality) adalah secara konsisten memproduksi apa yang diinginkan pelanggan sementara mengurangi kesalahan sebelum dan setelah pengiriman kepada pelanggan. Ini mengakibatkan beberapa masalah:
1.      Ada kebutuhan untuk menginspeksi pekerjaan orang lain. Dibutuhkan ekstra orang dan sumber.
2.      Apabila ditemukan kesalahan, seseorang harus membetulkan kesalahan atau membatalkan produk tersebut. Ini tentu saja mahal.
3.      Apabila pelanggan menemukan kesalahan, ia dapat merasa tidak puas dan bahkan dapat membeli dari orang lain setelahnya.
Kualitas sigma enam (six sigma quality) (hanya 3,4 kerusakan per juta kesempatan) mendeteksi masalah yang potensial untuk mencegah kemunculannya.
Kontrol kualitas statistis (statistical quality control-SQC) adalah proses yang digunakan beberapa manajer untuk secara kontinu memonitor semua fase proses produksi guna memastikan bahwa kualitas ditambahkan ke dalam produk tersebut sejak awal. Kontrol proses statistis (statistical process control-SPC) adalah proses pengambilan sampel statistis dari komponen-komponen produk pada setiap tingkat proses produksi dan menggambarkan hasilnya di atas grafik. Perbedaan apa pun dari standar kualitas diketahui dan dapat dibetulkan apabila berada di luar standar yang telah ditentukan.
STANDAR ISO 9000 DAN ISO 14000
ISO 9000 adalah nama umum yang diberikan untuk manajemen yang berkualitas dan standar yang terjamin.
ISO 14000 adalah koleksi praktik terbaik untuk mengatur pengaruh organisasi terhadap lingkungan.
PROSEDUR KENDALI: PERT DAN BAGAN GANTT
Satu teknik populer untuk mempertahankan kemajuan produksi dikembangkan pada tahun 1950-an untuk membangun kapal selam nuklir: evaluasi program dan teknik tinjauan (program evaluation and review technique-PERT). Pengguna PERT menganalisis tugas yang terlibat dalam menyelesaikan proyek tertentu, memperkirakan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan setiap tugas, dan mengidentifikasikan waktu minimum yang dibutuhkan untuk menyelesaikan seluruh proyek.
Jalan penting (critical path) adalah urutan tugas yang membutuhkan waktu penyelesaian terlama.
Bagan PERT untuk Video
Jumlah minimum waktu yang dibutuhkan untuk memproduksi video itu adalah 15 minggu. Untuk mendapatkan angka itu, Anda menambahkan minggu yang dibutuhkan untuk memilih bintang dan lagu dalam empat minggu untuk mendesain perlengkapan, dua minggu untuk membeli bahan perlengkapan, enam minggu untuk membuat perlengkapan, minggu sebelum latihan, dan minggu akhir ketika video dibuat. Itu adalah jalan penting. Penundaan apa pun dalam proses tersebut akan menunda video akhir.
Bagant Gantt (Gant chart) (dinamai menurut pengembangnya, Henry L. Gantt) adalah sebuah grafik batang yang dengan jelas menunjukkan proyek yang sedang dikerjakan dan seberapa banyak yang telah diselesaikan dalam waktu tertentu.
Bagan Gantt untuk Pemanufaktur Boneka
Bagan Gantt memungkinkan manajer produksi untuk melihat sekilas kapan proyek tersebut harus selesai dan statusnya sekarang. Sebagai contoh, kepala dan badan boneka harus selesai sebelum pakaian dijahit, tetapi penyelesaian dapat sedikit terlambat selama segalanya siap untuk perakitan dalam minggu 6. Bagan ini menunjukkan bahwa pada akhir minggu 3, badan boneka sudah siap, tetapi kepala tertinggal sekitar setengah minggu.
MEMPERSIAPKAN UNTUK MASA DEPAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar