Minggu, 09 Desember 2012

Memahami Informasi Keuangan Dan Akuntansi


MEMAHAMI INFORMASI KEUANGAN DAN AKUNTANSI
PENTINGNYA INFORMASI AKUNTANSI
APAKAH AKUNTANSI?
Akuntansi (accounting) adalah pencatatan, pengklasifikasian, peringkasan, dan penginterpretasian segala kejadian dan transaksi keuangan untuk memberikan informasi kepada manajemen dan pihak berkepentingan lain yang membutuhkan sebagai dasar untuk mengambil keputusan.
AREA AKUNTANSI
AKUNTANSI MANAJERIAL
Akuntansi manajerial (managerial accounting) digunakan untuk menyediakan informasi dan analisis bagi para manajer di dalam organisasi untuk membantu mereka dalam membuat keputusan.
Seorang certified management accountant (CMA) adalah seorang akuntan profesional yang telah menempuh persyaratan edukasi dan pengalaman tertentu, lulus ujian kualifikasi di bidangnya, dan telah disertifikasi oleh institusi untuk CMA atau Institute of Certified Management Accountants.
AKUNTANSI KEUANGAN
Akuntansi keuangan (financial accounting) berbeda dari akuntansi manajerial dalam hal informasi dan analisis keuangan yang disediakan akuntansi keuangan ditujukan terutama bagi orang-orang yang berada di luar organisasi. Pertanyaan-pertanyaan yang sering kali terjawab di dalam laporan tahunan (annual report) perusahaan, suatu laporan setiap tahun mengenai kondisi keuangan, kemajuan, dan harapan-harapan organisasi.

Menggunakan Teknik-Teknik Promosi Yang Efektif


MENGGUNAKAN TEKNIK-TEKNIK PROMOSI YANG EFEKTIF
PROMOSI DAN BAURAN PROMOSI
Promosi (promotion) adalah usaha-usaha para pemasar untuk memberi informasi dan mengingatkan orang-orang dalam pasar sasaran mengenai produk-produk, dan membujuk mereka untuk ikut serta dalam pertukaran. Kombinasi dari alat-alat promosi yang digunakan satu organisasi  disebut bauran promosi (promotion mix).
Komunikasi pemasaran terpadu (integrated marketing communication-IMC) mengombinasikan semua alat promosi menjadi satu strategi promosi yang menyeluruh dan terpadu.
Bauran Promosi Tradisional
Ø  Produk
Ø  Iklan
Ø  Promosi penjualan
Ø  Penjualan pribadi
Ø  Hubungan masyarakat
Langkah-langkah dalam sebuah Kampanye Promosi
1.      Mengidentifikasi pasar sasaran.
2.      Menentukan tujuan-tujuan untuk setiap unsur dari bauran promosi. Tujuan-tujuan ini harus jelas dan terukur.
3.      Menentukan suatu anggaran promosi. Proses pembuatan anggaran akan menjelaskan berapa yang dapat dibelanjakan untuk iklan, penjualan pribadi, dan usaha-usaha promosi lainnya.
4.      Mengembangkan satu pesan terpadu. Tujuan dari program promosi terpadu adalah untuk memiliki satu pesan yang jelas yang dikomunikasikan melalui iklan, hubungan masyarakat, penjualan, dan usaha-usaha promosi lainnya.
5.      Mengimplementasikan rencana. Iklan harus dijadwalkan untuk melengkapi usaha-usaha yang sedang dilakukan hubungan masyarakat dan promosi penjualan. Para tenaga penjualan harus memiliki akses terhadap semua bahan untuk mengoptimalkan usaha total.
6.      Evaluasi efektivitas. Pengukuran hasil tergantung pada tujuan yang jelas. Setiap unsur dari bauran promosi harus dievaluasi secara terpisah, dan pengukuran keseluruhan juga harus dilakukan. Penting untuk mempelajari apa yang berhasil dan apa yang tidak.
IKLAN: PERTEMPURAN UNTUK MENJAGA MINAT KONSUMEN
Iklan (advertising) adalah komunikasi non-personal dengan bayaran melalui berbagai media oleh organisasi-organisasi dan individu-individu yang dengan satu cara teridintifikasi di dalam pesan.
Penempatan produk (product placement) berarti membayar untuk memasukkan produk-produk dalam acara TV dan film yang produk-produk tersebut akan dilihat.
Penempatan produk (product placement) sering kali sangat halus. Dapat berupa jam tangan yang dikenakan para aktor, atau sepatu, atau pakaiannya. Dapat juga dalam bentuk minuman yang mereka minum atau mobil-mobil yang mereka kendarai. Dalam setiap kasus, idenya adalah untuk memengaruhi Anda agar menginginkan produk-produk tersebut untuk Anda sendiri. Penempatan produk apa yang telah Anda perhatikan dalam acara-acara televisi favorit Anda?
Kategori-kategori Utama Iklan
Berbagai jenis iklan digunakan oleh berbagai organisasi untuk menjangkau sasaran pasar yang berbeda. Kategori-kategori utamanya, antara lain:
·         Iklan ritel- iklan kepada konsumen melalui berbagai toko ritel, seperti pasar swalayan dan toko sepatu.
·         Iklan perdagangan- iklan kepada perantara grosir dan peritel oleh produsen untuk membujuk mereka mendistribusikan produk produsen tersebut.
·         Iklan bisnis ke bisnis- iklan dari produsen ke produsen lainnya. Suatu perusahaan yang menjual motor kepada perusahaan mobil akan menggunakan iklan bisnis ke bisnis.
·         Iklan institusi- iklan yang dirancang untuk menciptakan citra yang menarik bagi sebuah organisasi bukan produknya. “Kami Peduli terhadap Anda” di Giant Food merupakan satu contoh. “Virginia is for Loves” dan “I Love New York” adalah dua kampanye institusional oleh badan pemerintah.
·         Iklan produk- iklan untuk satu barang atau jasa untuk menciptakan minat di antara konsumen, pembeli komersil, dan pembeli industrial.
·         Iklan advokasi- iklan yang mendukung satu pandangan tertentu atas sebuah isu (contohnya iklan yang mendukung pengendalian kepemilikan senjata atau menentang pembangkit listrik tenaga nuklir). Iklan-iklan seperti ini dikenal juga dengan sebutan cause advertising.
·         Iklan komparatif- iklan yang membandingkan produk-produk yang bersaing. Contohnya, sebuah iklan yang membandingkan dua obat demam yang berbeda dalam hal kecepatan dan manfaat merupakan iklan komparatif.
·         Iklan interaktif- komunikasi berorientasi pelanggan yang memungkinkan pelanggan untuk memilih informasi yang mereka terima, seperti katalog video interaktif yang memungkinkan pelanggan memilih item-item apa yang akan ditayangkan.
·         Iklan online- pesan-pesan iklan yang tampil di komputer saat orang-orang  mengunjungi berbagai situs.
Kelebihan dan Kekurangan dari Berbagai Media Iklan
Media iklan paling efektif sering kali sangat mahal. Media yang tidak mahal mungkin tidak menjangkau pasar Anda. Tujuannya adalah menggunakan medium yang dapat menjangkau pasar yang Anda inginkan secara paling efektif dan efisien.
Surat kabar
Kelebihan: Jangkauan pasar lokal yang bagus; iklan dapat dimuat dengan cepat; penerimaan tinggi dari konsumen; iklan dapat digunting dan disimpan.
Kekurangan: Iklan bersaing dengan fitur-fitur lain di surat kabar; warna yang kurang bagus; iklan dibuang bersama korannya (masa hidup yang pendek).
Telvisi
Kelebihan: Menggunakan gambar, suara, dan gerakan; menjangkau semua audiens; perhatian yang tinggi tanpa adanya pesaing dari bahan-bahan lain.
Kekurangan: Biaya tinggi; waktu paparan singkat; butuh waktu mempersiapkan iklan. Perekam video digital tidak merekam iklan.
Radio
Kelebihan: Biaya rendah; dapat menyasar audiens tertentu; sangat fleksibel; bagus untuk pemasaran lokal.
Kekurangan: Orang-orang mungkin tidak mendengarkan iklan; tergantung pada indera seseorang (pendengaran); waktu paparan singkat; audiens tidak dapat meyimpan iklan.
Majalah
Kelebihan: Dapat mengenai audiens tertentu; warna-warna yang indah; masa hidup iklan lama; iklan dapat digunting dan disimpan.
Kekurangan: Tidak fleksibel; iklan sering kali harus ditemptkan berminggu-minggu sebelum terbit; biaya relatif tinggi.
Luar ruang
Kelebihan: Visibility tinggi dan paparan berulang; biaya rendah; fokus pada pasar lokal.
Kekurangan: Pesan terbatas; seleksi terhadap audiens rendah.
Surat
Kelebihan: Terbaik untuk menyasar pasar tertentu; sangat fleksibel; iklan dapat disimpan.
Kekurangan: Biaya tinggi; konsumen mungkin menolak iklan karena dianggap junk mail; harus memenuhi peraturan-peraturan kantor pos.
Iklan jenis Yellow Pages
Kelebihan: Cakupan pasar lokal yang baik; digunakan secara luas oleh konsumen; tersedia di tempat-tempat pembelian.
Kekurangan: Persaingan dengan iklan-iklan lain; biaya mungkin terlalu tinggi untuk bisnis yang kecil.
Internet
Kelebihan: Cakupan global yang tidak mahal; tersedia setiap waktu; interaktif.
Kekurangan: Kepemimpinan yang relatif rendah dalam jangka pendek (tetapi tumbuh dengan cepat).
Iklan CoverGirl dirancang untuk perempuan Afrika-Amerika. Juga, ada banyak iklan yang ditujukan untuk pasar Latin. Kelompok-kelompok apa yang mungkin terbukti menjadi kandidat menarik untuk iklan-iklan dengan sasaran tertentu? Apakah menurut Anda iklan-iklan seperti itu efektif?

MENINGKATNYA PENGGUNAAN INFOMERSIAL
Infomersial (infomercial) adalah acara TV siaran penuh yang diperuntukkan khusus untuk mempromosikan barang atau jasa.
Saat sedang “surfing the channels” (memindah-mindahkan saluran televisi dengan menggunakan remote control) seseorang sering kali tidak sengaja menonton infomersial untuk sejenis peralatan masak baru atau produk pembersih atau peralatan. Sering kali, demonstrasi ini mengagumkan dan membuat Anda menelpon nomor yang tertera di layar. George Foreman sama suksesnya dalam menjual alat pemanggang  seperti ia sukses di ring tinju. Pernahkan Anda membeli apa pun setelah melihat infomersial? Apakah Anda merasa senang dengan pembelian Anda? Beberapa produk, seperti seminar-seminar pengembangan diri atau video senam, sulit untuk dijual tanpa menunjukkan pada orang-orang sampel dari isinya dan menggunakan testimonial.
PEMASANG IKLAN BERPINDAH KE INTERNET
Promosi interaktif (interactive promotion) memungkinkan para pemasar untuk lebih dari sekadar melakukan monolog, tetapi para penjual membujuk pembeli untuk membeli sesuatu, menjadil melakukan dialog di mana penjual dan pembeli bekerja sama untuk menciptakan hubungan pertukaran yang saling menguntungkan.
IKLAN GLOBAL
PENJUALAN PRIBADI: MEMBERIKAN ATENSI PERSONAL
Penjualan pribadi (personal selling) adalah presentasi dan promosi barang dan jasa secara tatap muka.
LANGKAH-LANGKAH DALAM PROSES PENJUALAN
1.      Prospek dan Kualifikasi (Prospect and Qualify)
Prospecting adalah meneliti pembeli-pembeli potensial dan memilih siapa saja yang paling mungkin membeli. Proses pemilihan ini disebut menentukan kualifikasi (qualifying). Untuk menentukan kualifikasi seseorang berarti memastikan bahwa mereka memerlukan produk tersebut, punya kewenangan untuk membeli, dan kesediaan untuk mendengarkan pesan penjualan. Seseorang yang memenuhi kriteria-kriteria ini disebut prospek.
2.      Pra-Pendekatan
3.      Pendekatan
4.      Menjawab Keberatan
5.      Menutup Penjualan
Sebuah penutup percobaan (trial close) terdiri atas sebuah pertanyaan atau pernyataan yang menggerakkan proses penjualan menuju ke penutupan  yang sebenarnya.
6.      Tindak lanjut (Follow Up)
PROSES PENJUALAN BISNIS KE PELANGGAN
Langkah-langkah dalam Proses Penjualan Bisnis ke Pelanggan
·         Pendekatan
·         Mengajukan pertanyaan
·         Melakukan presentasi
·         Menutup penjualan
·         Tindak lanjut
HUBUNGAN MASYARAKAT: MEMBANGUN HUBUNGAN
Hubungan masyarakat (humas) (public relations-PR) didefinisikan sebagai fungsi manajemen yang mengevaluasi sikap masyarakat, mengubah kebijakan-kebijakan dan prosedur-prosedur untuk merespons permintaan masyarakat, dan melaksanakan sebuah program yang terrdiri atas tindakan dan informasi untuk mendapatkan pengertian dan penerimaan masyarakat. Dengan kata lain, sebuah program hubungan masyarakat yang baik terdiri atas tiga langkah:
1.      Mendengarkan masyarakat. Hubungan masyarakat diawali dengan riset pemasaran yang baik (“mengevaluasi sikap masyarakat”).
2.      Mengubah kebijakan-kebijakan dan prosedur-prosedur. Bisnis tidak memperoleh pengertian masyarakat dengan cara membombardir mereka dengan propaganda; bisnis memperoleh pemahaman dengan membuat program-program dan mempraktikkannya sesuai kepentingan masyarakat. Cara terbaik untuk mempelajarai keinginan masyarakat adalah dengan sering mendengarkan orang-orang dalam forum-forum yang berbeda, termasuk Internet.
3.      Menginformasikan masyarakat bahwa Anda merespons kebutuhan mereka. Tidaklah cukup untuk sekadar memiliki program yang berkaitan dengan kepentingan masyarakat. Anda harus memberi tahu masyarakat mengenai program-program tersebut, sehingga mereka tahu Anda bersikap responsif. Hubungan masyarakat memiliki lebih banyak kekuatan untuk memengaruhi konsumen karena pesannya datang dari sebuah sumber (media) yang dianggap lebih layak dipercaya.
PUBLISITAS: UJUNG TOMBAK HUBUNGAN MASYARAKAT
Publisitas (publicity) adalah informasi apa pun mengenai seorang individu, produk, atau organisasi yang didistribusikan kepada masyarakat melalui media dan tidak dibayar atau dikendalikan oleh pihak penjual.
PROMOSI PENJUALAN: MENDAPATKAN PENAWARAN YANG BAIK
Promosi penjualan (sales promotion) adalah alat promosi yang menstimulasi pembelian konsumen dan minat diler melalui aktivitas-aktivitas jangka pendek.
Pameran dagang manufaktur internasional di Chicago menampilkan 4.000 stan, memberikan pembeli untuk perusahaan lainnya ribuan produk baru untuk dieksplor dan dibeli. Dapatkah Anda melihat mengapa pameran dagang di berbagai industri merupakan satu cara yang efisien dan dibutuhkan untuk tetap berada di depan dalam hal perkembangan-perkembangan terakhir, pesaing, dan reaksi serta kebutuhan konsumen?
SAMPLING
Suatu alat promosi penjualan yang populer adalah sampling, memberi konsumen contoh kecil dari produk secara gratis.
WORD OF MOUTH
Dalam promosi mulut ke mulut (word-of-mouth promotion), orang-orang memberi tahu orang-orang lainnya mengenai produk-produk yang mereka beli.
Tim jalanan guerilla marketing pergi ke semua jenis events untuk membagi-bagikan sampel, mengajak pelanggan berbincang tentang produk, dan menciptakan word of mouth. Anda mungkin telah menjumpai tim-tim seperti itu yang mencoba membujuk Anda mengajukan aplikasi kartu kredit dengan cara menawarkan kaus oblong gratis atau sejenisnya. Kapankah saat Anda paling bisa menerima promosi-promosi  seperti ini dan kapan hal itu paling mengganggu Anda?
·         Viral marketing
Viral marketing adalah istilah yang kini digunakan untuk menjelaskan apa saja, mulai dari membayar orang untuk mengatakan hal-hal positif di Internet hingga membuat rencana penjualan bertingkat di mana konsumen memperoleh komisi untuk mengarahkan teman-temannya ke situs Web tertentu.
·         Blogging
Sebuah blog, singkatan untuk  Web log, adalah sebuah buku harian online yang terlihat seperti halaman situs, tetapi lebih mudah untuk dibuat dan diperbarui dengan cara mem-posting teks, foto-foto, atau link ke situs-situs lainnya.
·         Podcasting
Podcasting adalah satu sarana untuk mendistribusikan program-program audio dan video melalui Internet yang membebaskan para pengguna berlangganan sejumlah life atau dikenal dengan istilah feeds, dan lalu mendengarkan atau menonton bahan-bahan ini pada waktu yang mereka pilih.
Kini semakin tidak mungkin untuk melarikan diri dari pesan-pesan komersial. Anda mungkin mendapatkan podcast di iPod Anda. Anda mungkin melihat penempatan produk dalam video games Anda. Pesan-pesan promosi kini ada di mana saja, di tiang kabel telepon, di papan reklame, di bus-bus dan kereta-kereta, dan di punggung kursi taman. Apakah ada satu titik di mana- mana pesan-pesan komersial terlalu mengganggu Anda? Apa yang dapat Anda lakukan mengenai hal-hal ini?
BAGAIMANA TEKNOLOGI BARU MEMENGARUHI PROMOSI
MENGELOLA BAURAN PROMOSI: MENYATUKAN SEGALANYA
STRATEGI-STRATEGI PROMOSI
Dalam push strategy, produsen menggunakan iklan, penjualan personal, promosi penjualan, dan alat-alat promosi lainnya untuk meyakinkan para perantara grosir dan peritel agar mau menyimpan persediaan dan menjual barang dagangan.
Dalam pull strategy, usaha-usaha iklan dan promosi penjualan besar-besaran ditujukan kepada konsumen, sehingga mereka akan meminta produk dari para peritel.

Mendistribusikan Produk Dengan Cepat Dan Efisien


MENDISTRIBUSIKAN PRODUK DENGAN CEPAT DAN EFISIEN
MUNCULNYA PERANTARA PEMASARAN
Perantara pemasaran (marketing intermediaries), dulu disebut middlemen, adalah organisasi-organisasi yang membantu memindahkan barang dan jasa dari produsen ke pengguna bisnis dan pengguna akhir. Saluran distribusi (channel of distribution) terdiri atas seluruh perantara pemasaran, seperti agen, calo, perantara grosir, dan perantara ritel, yang bergabung untuk memindahkan dan menyimpan barang di jalur (atau saluran) dari produsen ke konsumen. Agen/calo (agents/broker) adalah perantara pemasaran yang mempertemukan pembeli dan penjual dan membantu dalam merundingkan sebuah transaksi, tetapi tidak mengambil alih kepemilikan barang-yaitu, mereka tidak pernah memiliki barang tersebut. Seorang perantara grosir (wholesaler) adalah perantara pemasaran yang menjual pada organisasi lain, seperti peritel, produsen, dan rumah sakit. Peritel (retailer) adalah organisasi yang menjual kepada konsumen akhir (yaitu, orang-orang seperti Anda dan Saya).
MENGAPA PEMASARAN MEMERLUKAN PERANTARA
Sistem distribusi di Amerika Serikat tampak jelas saat Anda berkendara di jalan layang. Anda melihat ribuan truk dan kereta yang memindahkan barang dari sini ke sana. Tetapi, apa yang tidak tampak adalah banyaknya gudang distribusi yang menyimpan barang sampai barang-barang tersebut dibutuhkan. Pernahkah terpikir oleh Anda manfaat-manfaat adanya makanan, perabot, dan barang-barang lainnya yang dibutuhkan, dekat dengan Anda?
BAGAIMANA PERANTARA MENCIPTAKAN EFISIENSI PERTUKARAN
Saluran-saluran Distribusi Terpilih untuk Barang dan Jasa Konsumsi dan Industri
Saluran untuk barang konsumsi:
Ø  Digunakan oleh para pengrajin dan petani kecil.
Ø  Digunakan untuk mobil, perabot, dan pakaian.
Ø  Untuk barang konsumsi, seperti bahan makanan, obat-obatan, dan kosmetik.
Ø  Bahan makanan seperti hasil pertanian.
Ø  Jasa komunikasi, seperti perumahan, saham dan obligasi, asuransi, dan kelompok teater nirlaba.
Ø  Organisasi-organisasi nirlaba yang ingin mengumpulkan dana. Contohnya museum, layanan publik, dan kebun binatang
Saluran untuk barang industri:
Ø  Produk-produk industri, seperti gelas, ban, dan cat mobil.
Ø  Barang-barang berharga lebih murah seperti alat tulis didistribusikan. Perantara grosir disebut dengan distributor industrial.
Bagaimana Perantara Menciptakan Efisiensi Pertukaran
Seorang perantara grosir ke saluran distribusi mengurangi jumlah kontak dari 25 ke 10. Hal ini meningkatkan efisiensi distribusi.
NILAI VERSUS BIAYA PERANTARA
Berikut adalah tiga hal mendasar mengenai perantara:
1.      Perantara pemasaran dapat dihilangkan, tetapi aktivitas-aktivitasnya tidak dapat; yaitu Anda dapat menghilangkan beberapa perantara grosir dan peritel, tetapi lalu konsumen atau orang lain akan harus melakukan tugas-tugas perantara, termasuk memindahkan dan menyimpan barang, mencari pemasok, dan mengembangkan komunikasi dengan pemasok.
2.      Organisasi-organisasi perantara telah bertahan di masa lalu karena mereka melakukan fungsi-fungsi pemasaran lebih cepat dan lebih murah dibanding yang lainnya. Untuk menjaga posisi mereka dalam persaingan di saluran, para perantara harus mengadopsi teknologi terbaru.
3.      Perantara menambahkan biaya-biaya produk, tetapi biaya-biaya ini biasanya lebih dari dihapuskan oleh nilai-nilai yang mereka ciptakan.
Efek Distribusi pada Uang Makan Anda
Petani hanya mendapat 25 sen dari setiap $1 uang makan Anda. Sebagian besar dari uang Anda didapat perantara untuk membayar biaya-biaya distribusi. Biaya-biaya terbesar adalah tenaga kerja (pengemudi truk, juru tulis), diikuti dengan gudang dan gudang penyimpanan dingin.
ü  Tenaga kerja (juru tulis toko ritel, pengemudi truk) 34 sen
ü  Petani 25 sen
ü  Biaya-biaya bangunan (gudang,toko) 14 sen
ü  Kemasan 7,5 sen
ü  Macam-macam 7,5 sen
ü  Transportasi 4,5 sen
ü  Iklan 4 sen
ü  Laba 3,5 sen
UTILITAS YANG DICIPTAKAN PERANTARA
Utilitas (utility), dalam ilmu ekonomi, adalah kemampuan memuaskan keinginan, atau nilai yang ditambahkan organisasi pada barang atau jasa saat produk dibuat menjadi lebih berguna atau lebih mudah diakses konsumen dibanding sebelumnya.
UTILITAS BENTUK
UTILITAS WAKTU
Perantara, seperti peritel, menambahkan utilitas waktu (time utility) pada produk dengan cara membuat produk-produk tersebut tersedia saat dibutuhkan.
Pikirkan berapa banyak toko menyediakan utilitas waktu dengan cara menyediakan barang dan jasa 24 jam sehari, tujuh hari seminggu. Pernahkah Anda perlu menebus resep obat pada larut malam atau membeli sesuatu dari apotek di menit-menit terakhir? Dapatkah Anda melihat bagaimana utilitas waktu menawarkan nilai tambahan?
UTILITAS TEMPAT
Perantara menambahkan utilitas tempat (place utility) pada produk dengan cara menaruh barang di tempat-tempat orang-orang menginginkannya.
UTILITAS KEPEMILIKAN
Perantara menambahkan utilitas kepemilikan (possession utility) dengan cara melakukan apa pun yang perlu untuk memindahkan kepemilikan dari satu pihak ke pihak yang lain, termasuk memberikan kredit. Aktivitas-aktivitas yang dikaitkan dengan utilitas kepemilikan termasuk pengantaran, pemasangan, jaminan, dan layanan lanjutan.
UTILITAS INFORMASI
Perantara menambahkan utilitas informasi (information utility) dengan cara membuka arus informasi dua arah antarpeserta pemasaran.
UTILITAS LAYANAN
Perantara menambahkan utilitas layanan (service utility) dengan cara menyediakan layanan yang cepat dan ramah selama dan setelah penjualan dan dengan cara mengajarkan pelanggan bagaimana cara terbaik menggunakan produk dengan berlalunya waktu.
PERANTARA GROSIRAN
PEDAGANG GROSIR
Pedagang grosir (merchant wholesalers) adalah perusahaan-perusahaan independen yang mengambil alih kepemilikan atas barang-barang yang mereka distribusikan.
Rack jobbers mengisi rak-rak penuh dengan barang dagangan bagi peritel, memajang produk, dan menjual atas dasar konsinyasi.
Pedagang grosir bayar dan bawa (cash-and-carry wholesalers) terutama melayani peritel-peritel berukuran lebih kecil dengan jenis produk yang lebih terbatas.
Drop shippers meminta pesanan dari para peritel dan perantara grosir lainnya dan lalu mengatur agar barang dagangan diantar langsung dari produsen ke pembeli.
Perantara Grosir Layanan Penuh
Perantara Grosir Layanan Penuh Akan:
1.      Menyediakan tenaga penjualan untuk menjual barang pada peritel dan pembeli-pembeli lainnya.
2.      Mengomunikasikan rencana-rencana dan penawaran iklan produsen.
3.      Menjaga jumlah barang persediaan, sehingga mengurangi jumlah barang persediaan yang harus disimpan pemasok.
4.      Mengatur atau melakukan transportasi.
5.      Menyediakan modal dengan cara membayar tunai atau membayar barang dengan segera.
6.      Memberikan pemasok informasi pasar yang tidak mampu dibeli atau didapatkan sendiri.
7.      Mengambil alih risiko kredit dengan cara memberikan kredit pada pelanggan dan mengambil utang-utang macet.
8.      Menanggung risiko atas produk dengan cara mengambil alih kepemilikan barang.
Perantara Grosir Dapat Melakukan Layanan-Layanan Berikut ini bagi Para Pelanggan:
1.      Membeli barang-barang yang akan diminati konsumen akhir dan menyediakannya bagi konsumen.
2.      Menjaga jumlah barang persediaan, sehingga mengurangi biaya-biaya pelanggan.
3.      Memindahkan barang kepada para pelanggan dengan cepat.
4.      Memberi informasi pasar dan layanan konsultasi bisnis.
5.      Memberi pendanaan melalui pemberian kredit, yang terutama penting bagi peritel kecil.
6.      Memesan barang dengan jenis dan jumlah yang diinginkan pelanggan.
AGEN DAN CALO
PERANTARA RITEL
STRATEGI DISTRIBUSI RITEL
Distribusi intensif (intensive distribution) meletakkan produk di sebanyak mungkin gerai ritel, termasuk mesin penjaja (vending machines).
Distribusi selektif (selective distribution) adalah penggunaan hanya sekelompok peritel yang diistimewakan di satu wilayah.
Distribusi eksklusif (exclusive distribution) adalah penggunaan hanya satu toko ritel di wilayah geografis tertentu.
PERITEL TANPA TOKO
Berbagai Jenis Toko Ritel
·         Department store: Menjual berbagai jenis produk (pakaian, perabot, peralatan rumah tangga) dalam departemen-departemen yang berbeda
·         Toko diskon: Menjual beragam produk pada harga yang biasanya di bawah harga departement stores
·         Pasar swalayan: Terutama menjual makanan bersama dengan produk selain makanan, seperti sabun cuci dan produk-produk kertas.
·         Toko gudang: Menjual makanan dan barang dagangan umum di tempat-tempat yang biasanya lebih besar dibandingkan pasar swalayan dan menawarkan harga diskon; keanggotaan mungkin dipersyaratkan
·         Convenience store: Menjual makanan dan barang-barang lain yang mungkin diperlukan di lokasi-lokasi yang mudah dijangkau; mungkin buka sepanjang malam
·         Pembunuh kategori: Menjual banyak sekali variasi dari satu jenis produk, sehingga mendominasi kategori barang tersebut.
·         Toko outlet: Menjual barang-barang dagangan umum langsung dari produsen pada harga diskon; item-item yang dijual mungkin sudah tidak diproduksi lagi atau ada cacatnya (“seconds”)
·         Toko khusus: Menjual berbagai pilihan barang dalam satu kategori
RITEL ELEKTRONIS
Ritel elektronis (electronic retailing) adalah penjualan barang dan jasa kepada konsumen-konsumen akhir (yaitu Anda dan Saya) lewat internet.
Ada banyak contoh toko-toko konvensional yang menambahkan layanan internet kepada pelanggannya untuk menambahkan kenyamanan. Beberapa orang berbelanja di Internet dan lalu pergi ke toko untuk membeli barangnya. Lainnya berbelanja dan membeli melalui Internet. Apa yang membuat Anda berbelanja dari satu toko dibandingkan melalui Internet? Apa saja yang menjadi kelebihan dan kekurangan dari berbelanja dan membeli barang di Internet?
Harry dan David menggunakan kombinasi toko-toko biasa, katalog, dan sebuah situs Internet untuk menjual keranjang-keranjang hadiah, buah-buah segar, permen, kue pai, dan barang-barang lainnya. Lupa membeli hadiah untuk seseorang? Klik saja harryanddavid.com dan temukan sesuatu yang khusus untuk segera dikirimkan. Keuntungan-keuntungan apa saja yang ditawarkan setiap pilhan (toko, katalog, situs)?
TELEMARKETING
Telemarketing adalah penjualan barang dan jasa melalui telepon.
MESIN PENJAJA, KIOS, DAN KERETA
PENJUALAN LANGSUNG
Penjualan langsung (direct selling) adalah menjual kepada konsumen di rumah atau di tempat kerja mereka.
PENJUALAN BERTINGKAT
PEMASARAN LANGSUNG
Pemasaran langsung (direct marketing) meliputi setiap aktivitas yang secara langsung menghubungkan produsen atau perantara dengan konsumen akhir.
Penjualan langsung merupakan satu cara yang hebat untuk menjangkau konsumen yang sering kali terlalu sibuk untuk berbelanja sendiri. Tenaga penjual memberikan perhatian dan bantuan dengan segera, dan pelanggan menghemat waktu. Pernahkah Anda membeli barang dengan cara ini? Apa yang Anda perhatikan mengenai suasana dari situasi penjualan ini yang berbeda dari pembelian dalam toko?
MEMBANGUN KERJA SAMA DALAM SISTEM SALURAN
SISTEM DISTRIBUSI KORPORAT
Sistem distribusi korporat (corporate distribution system) adalah satu sistem yang seluruh organisasi dalam saluran distribusi dimiliki oleh satu perusahaan.
SISTEM DISTRIBUSI KONTRAK
Sistem distribusi kontrak (contractual distribution system) adalah sebuah sistem yang para anggotanya diikat untuk bekerja sama melalui perjanjian kontrak. Ada tiga bentuk sistem kontraktual:
1.      Sistem waralaba (franchise systems), seperti McDonald’s, KFC, Baskin-Robbins, dan AAMCO. Para terwaralaba (franchise) menyetujui semua peraturan, regulasi, dan prosedur yang ditetapkan oleh pewaralaba (franchisor). Hal ini menghasilkan kualitas yang konsisten dan tingkat layanan yang Anda temukan di berbagai organisasi waralaba.
2.      Rantai bersponsor perantara grosir (wholesaler-sponsored chains), seperti Ace Hardware dan toko makanan IGA. Setiap toko menandatangani perjanjian untuk menggunakan nama yang sama, ikut serta dalam rantai promosi, dan bekerja sama sebagai satus sistem kesatuan toko-toko walaupun setiap toko dimiliki dan dikelola secara independen.
3.      Kerja sama ritel (retail cooperatives) contohnya Associated Grocers. Penataan ini mirip dengan rantai bersponsor perantara grosir kecuali dalam hal sistem ini diawali oleh para peritel. Derajat kerja sama yang ada sama besarnya, dan toko-toko ini tetap independen. Biasanya dalam sistem seperti ini, para peritel setuju untuk  memfokuskan pembelian mereka pada satu perantara grosir, tetapi para peritel yang ikut bekerja sama juga dapat membeli sebuah perusahaan grosir untuk memastikan pelayanan yang lebih baik.
SISTEM DISTRIBUSI YANG DIATUR
Satu sistem di mana para produsen mengelola seluruh fungsi-fungsi pemasaran di tingkat ritel disebut sistem distribusi yang diatur (administered distribution system).
RANTAI PERSEDIAAN
Rantai persediaan (supply chain) terkadang disebut juga dengan rantai nilai (value chain), terdiri atas urutan aktivitas-aktivitas yang saling berkaitan yang harus dilakukan oleh berbagai organisasi untuk memindahkan barang dan jasa dari sumber bahan mentah sampai ke konsumen akhir. Manajemen rantai persediaan (supply-chain management) adalah proses mengelola pergerakan dari bahan mentah, komponen, barang setengah jadi, barang jadi, dan informasi terkait melalui seluruh organisasi yang terlibat dalam rantai persediaan; mengelola pengembalian barang-barang tersebut jika perlu; dan mendaur ulang bahan-bahan jika dapat.
Rantai Persediaan
ü  Pabrik pemasok
ü  Produsen
ü  Perantara grosir
ü  Peritel
ü  Konsumen
Sering kali, perusahaan mengalih kontrak proses rantai persediaan ke perusahaan-perusahaan seperti Menlo Worldwide. Ahli-ahli seperti ini dapat secara lebih baik mengurangi biaya-biaya distribusi. Perusahaan distribusi apa yang Anda gunakan untuk mengirim paket?
LAHIRNYA LOGISTIK
Logistik (logistics) meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian arus fisik bahan-bahan, barang jadi, dan informasi terkait dari titik awal sampai titik konsumsi untuk memenuhi permintaan pelanggan dan memperoleh laba.
Logistik ke dalam (inbound logistics) membawa bahan mentah, kemasan, barang dan jasa lainnya, dan informasi dari pemasok ke produsen. Penanganan bahan-bahan (materials handling) adalah pemindahan barang-barang dalam gudang, dari gudang ke pabrik, dan dari pabrik ke berbagai stasiun kerja. Logistik keluar (outbound logistics) mengelola arus barang jadi dan informasi ke pembeli bisnis dan konsumen akhir (orang-orang seperti Anda dan Saya). Logistik berbalik (reverse logistics) berarti membawa barang-barang kembali ke pabrik karena ada cacat atau untuk mendaur ulang bahan-bahan.
MEMINDAHKAN BARANG DARI PRODUSEN KE KONSUMEN SECARA EFISIEN
MEMILIH MODE TRANSPORTASI PALING TEPAT
·         Kereta cocok untuk pengiriman jumlah besar
Freight forwarder dapat menggabungkan banyak pengiriman jumlah kecil untuk menciptakan satu pengiriman besar yang dapat diangkut secara hemat biaya, dengan truk atau kereta api, ke tujuan akhir.
Penggunaan kontainer membuat pemindahan barang menjadi jauh lebih mudah. Anda dapat meletakkan kontainer di atas rangka atas gerbong kereta api, membawanya dengan truk, dan menyimpannya di gudang penyimpanan besar. Mereka dapat digunakan berulang kali. Beberapa kontainer berbentuk seperti ruang kargo di pesawat terbang, sehingga tidak ada ruang yang terbuang.
·         Truk cocok untuk pengiriman jumlah kecil ke lokasi-lokasi jauh
·         Angkutan air tidak mahal, tetapi lambat
Bagaimana Anda memindahkan bahan mentah yang berat seperti kayu gelondongan dari satu negara ke negara lain? Perusahaan truk membawa gelondongan kayu ke dermaga tempat katrol-katrol besar mengangkat gelondongan kayu ke dalam kapal. Kapal ini selanjutnya harus dibongkar muatannya dan kayu gelondongan harus diletakkan ke dalam truk yan lain untuk dipindahkan ke pabrik pengolahan. Mengapa mengelola proses logistik dengan sukses menjadi kunci untuk dapat bertahan hidup di beberapa industri?
·         Jalur pipa cepat dan efisien
·         Transportasi udara cepat, tetapi mahal
·         Pengiriman intermodal
Pengiriman intermodal (intermodal shipping) menggunakan berbagai mode transportasi; jalan layang, udara, kereta api, untuk menyelesaikan satu pergerakan kiriman jarak jauh.
Membandingkan Mode-mode Transportasi
Menggabungkan truk dengan kereta api menurunkan biaya dan meningkatkan jumlah lokasi yang dapat dijangkau. Hal ini juga berlaku untuk penggabungan truk dengan kapal laut. Menggabungkan truk dengan pesawat terbang mempercepat pengiriman barang untuk jarak jauh dan membawa mereka ke hampir semua lokasi.
FUNGSI PENYIMPANAN
MELACAK BARANG
Gantungan RFID digunakan di segala jenis situasi, mulai dari pergerakan barang hingga ke pelacakan hewan ternak hidup. Gantungan ini berisi jauh lebih banyak informasi dibanding kode batang. Salah satu layanan yang ditawarkan perusahaan pengantaran adalah melacak pengiriman Anda dari satu tempat ke tempat lainnya. Bagaimana gantungan RFID membantu Anda menghindari kehilangan kopor, kunci mobil, dan barang-barang lainnya?
MAKNA SEMUA INI BAGI ANDA